Anak Batita Anda Suka Memukul atau Pelit? Wajar Kok!

Orang tua bahkan sering saling menyalahkan satu sama lain, ataupun menyalahkan tontonan dan pengaruh lingkungan.

Anak Batita Anda Suka Memukul atau Pelit? Wajar Kok!
balitapedia
Batita 

 

TRIBUN-TIMUR.COM - Banyak orang tua yang stress, pusing, dan bingung, saat anak bawah tiga tahun mereka cepat marah, pelit, ataupun suka memukul.

Orang tua bahkan sering saling menyalahkan satu sama lain, ataupun menyalahkan tontonan dan pengaruh lingkungan. Namun ternyata hal itu tidak benar.

Masih dalam batas wajar jika anak usia di bawah tiga tahun, memukul saat emosi, ataupun enggan meminjamkan barang-barangnya pada orang lain.

Demikian dipaparkan Psikolog Anna Surti Ariani, dalam Kampanye Nutrisi SGM Eksplor yang bertajuk Lengkapi Nutrisinya Jadikan Dunia Sahabatnya, di Atrium Mal Panakkukang Makassar, Jumat (28/1).

“Usia di bawah tiga tahun belum paham betul apa yang benar dan apa yang salah. Jadi, saat mereka memukul saat marah, itu bukan karena pengaruh tontonan. Murni karena mereka marah,” ujar Anna.

“Demikian juga kalau mereka pelit. Memang, untuk anak usia di bawah tiga tahun semua yang ada di dunia ini adalah miliknya sendiri,” jelas alumni sarjana dan magister dari Psikologi Universitas Indonesia ini.

Namun demikian, bukan berarti sebagai orang tua harus berdiam diri melihat anaknya memukul orang lain.

“Berikan stimulasi yang tepat untuk anak. Untuk batita, tegas beri teguran apabila ia memukul orang lain. Jangan didiamkan saja. Lalu untukmelatih agar mereka tidak pelit, perbanyak pergaulan dengan anak seusia, namun jangan paksa untuk bergaul,” paparnya.

Namun Anna mengingatkan, jika anak sudah berusia empat tahun namun masih suka memukul, harus mendapat perhatian serius. “Karena anak usia empat haun ke atas seharusnya sudah bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah,” paparnya.

Halaman
12
Editor: Ina Maharani
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved