TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Tim Makassar Terpilih YSEALI Seeds for The Future di Bangkok

salah satu program dari YSEALI, program dari pemerintahan Amerika yang ditujukan untuk pengembangan kepemimpinan pemuda di 10 Negara Asean

Tim Makassar Terpilih YSEALI Seeds for The Future di Bangkok
citizen reporter
Peserta YSEALI Seeds for The Future 

Citizen reporter, Nunu, sekretaris dari The Floating School Makassar melaporkan dari Bangkok

TRIBUN-TIMUR.COM -Ruangan sudah ramai oleh peserta YSEALI Seeds for The Future. Mereka saling bersalaman dan saling berkenalan. Mereka adalah 20 tim penerima dana bantuan program.

Salah satu dari mereka adalah tim yang berasal dari Makassar, Indonesia. Selain mereka, 19 tim lainnya berasal dari 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei, Kamboja, Laos, Singapore, Thailand, Philippine, Vietnam, Myanmar.

 YSEALI Seeds for The Future merupakan salah satu program dari YSEALI (Young South East Asia Leaders Initiative), sebuah program dari pemerintahan Amerika yang ditujukan untuk pengembangan kepemimpinan pemuda di 10 Negara ASEAN.

YSEALI Seeds for The Future merupakan pemberian dana bantuan untuk pelaksanaan program.

Program yang dipilih merupakan program yang dapat berjalan berdasarkan tema civic engagement, economic development, education, dan environmental protection.

YSEALI Seeds for The Future merupakan kompetisi program, melalui seleksi, dipilihlah 20 tim dari 400 tim pendaftar.

 Terdapat 3 tim yang berasal dari Indonesia, yaitu EcoFunGo! ASEAN dari Bogor, Future Green Thumb Leader dari Jakarta dan The Floating School dari Makassar.

The Floating School merupakan program yang bergerak di bidang pendidikan yang akan dilaksanakan di kepulauan Pangkep.

Tiga pemuda pelaksana The Floating School adalah Rahmat HM, Nur Al Marwah Asrul, dan Rahmiana Rahman. Dua perwakilan dari program ini hadir dalam pelaksanaan pelatihan YSEALI Seeds.

“Program kami adalah The Floating School, sebuah sekolah non-formal yang kami laksanakan di kepulauan Pangkep. Program kami memiliki 9 kelas kreatif yang terfokus pada minat dan bakat remaja di pulau,” ujar Rahmat HM selaku Project Leader yang dikenal dengan Mato. 

 Pelatihan YSEALI Seeds for The Future Program dilaksanakan selama dua hari (20-21 Januari 2017) di Bangkok, Thailand.

Peserta akan menjelaskan tentang program secara spesifik dan juga akan dilatih dalam pelaksanaan serta pelaporan program. Selain itu, terdapat juga diskusi mengenai strategi dalam menjalankan program.

“Bukan sekadar belajar tentang pelaksanaan program, kami juga bisa menjalin pertemanan atau networking dengan peserta lain dari 10 Negara ASEAN. Kemungkinan besar kami bisa berkolaborasi dengan program lainnya yang sejalan,” ujar Nur Al Marwah Asrul, selaku sekertaris bercerita tentang pelatihan ini. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help