Berikut Daftar Kontraktor Proyek Gelora Bung Karno Senilai Triliunan Rupiah, Ada Nama Dodi Triono?

Dodi Triono, arsitek sekaligus pengusaha dan kontraktor yang tewas disekap di rumahnya, dikabarkan sebagai pemimpin pemenang tender proyek renovasi

Berikut Daftar Kontraktor Proyek Gelora Bung Karno Senilai Triliunan Rupiah, Ada Nama Dodi Triono?
DOK PRIBADI
Dodi Triono 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dodi Triono, arsitek sekaligus pengusaha dan kontraktor yang tewas disekap di rumahnya, dikabarkan sebagai pemimpin pemenang tender proyek renovasi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Kabar itu disampaikan adik ipar almarhum Dodi, Dewi.

"Dodi itu pemenang tender renovasi di GBK.‎ Pemimpin proyek di Senayan-lah. Hanya, izinnya itu belum keluar, tender sudah dimenangi oleh dia (Dodi)," kata Dewi, mengakui, usai korban ditemukan disekap di rumah sendiri, Jalan Pulomas Utara nomor 7A, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2016).

Namun, pengakuan Dewi langsung diklarifikasi pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK), dimana Dodi disebut bukan pemimpin pemenang tender proyek renovasi bernilai triliunan rupiah tersebut.

Menurut pihak PP-GBK, Dodi hanyalah mitra kerja lama PPK-GBK dan berencana mengembangkan sebagian area GBK.

"Ir. Dodi Triono merupakan salah satu mitra kerja lama PPK-GBK dan berencana mengembangkan sebagian area GBK yang tidak terkait langsung dengan pekerjaan renovasi GBK dalam rangka Asian Games 2018," demikian penggalan isi pernyataan pihak PP-GBK.

Lanjut, "Terkait pemberitaan yang menyebutkan bahwa Ir. Dodi Triono adalah pemenang tender proyek renovasi SUGBK; sepanjang yang kami ketahui Almarhum tidak ada hubungan kerja langsung dalam proyek dimaksud."

Stadion GBK kini direnovasi dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dari Olympic Council of Asia (OCA) untuk perhelatan Asian Games XVIII, tahun 2018.

Proyek renovasi dianggarkan Rp 2,8 triliun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anggaran senilai itu kemudian dibagi kepada kontraktor pemenang tender berdasarkan paket pekerjaan.

Kontraktor pemenang tender adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk renovasi stadion utama dengan anggaran senilai Rp 769,7 miliar; PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk renovasi stadion renang dengan anggaran senilai Rp 274,7 miliar.

PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama untuk lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan sepakbola dengan anggaran senilai Rp 95,6 miliar; PT Adhi Karya (Persero) Tbk untuk renovasi stadion tenis indoor dan tenis outdoor centercourt dengan anggaran senilai Rp 769,7 miliar.

Selain itu, ada pula lima paket pekerjaan kostruksi terintegrasi rancang dan bangun dengan anggaran Rp 22,9 miliar.

Tender dimenangkan kontraktor PT Virama Karya (Persero), PT Deta Decon, PT Sangkuriang, PT Artefak Arkindo, dan PT Arkitek Team Empat.

Tak ada nama perusahaan dikelola almarhum Dodi, PT DA International, sebagai pemenang tender.

Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help