Inilah Perusahaan Israel Spesialis Pembobol Smartphone, Bisa Retas iPhone 7

Merekalah Cellebrite, spesialis pembobol smartphone yang menawarkan jasanya secara komersil.

Inilah Perusahaan Israel Spesialis Pembobol Smartphone, Bisa Retas iPhone 7
CNN
Cellebrite mendemonstrasikan kemampuan perangkatnya menjebol ponsel dalam pameran CTIA 2013. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Pada Februari lalu, Biro Penyelidikan Federal Amerika Serikat (FBI) membuat heboh lantaran meminta Apple membobol perangkat iPhone milik terduga teroris kasus penembakan di San Bernardino.

Permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh Apple.

Namun, sebulan kemudian, FBI mengumumkan telah berhasil membobol iPhone yang bersangkutan dan mengakses data di dalamnya dengan bantuan "pihak ketiga".

Identitas pihak ketiga ini tak diungkapkan, namun nama sebuah perusahaan asal Israel ramai dikait-kaitkan dengan kasus tersebut.

Merekalah Cellebrite, spesialis pembobol smartphone yang menawarkan jasanya secara komersil.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (29/11/2016), Cellebrite mengklaim bisa melewati tembok pertahanan aneka smartphone modern. 

“Kami bisa mengakses semua data yang ada di ponsel,” ujar VP Business Development of Forensics Cellebrite, Yuval Ben Moshe, saat mendemonstrasikan kemampuan alat khusus dari Cellebrite dalam membobol smartphone.

Sebagai contoh, digunakan perangkat Galaxy S5 yang menjalankan Android lawas versi 4.2.

Meski sudah dikunci dengan fingerprint lock dan PIN, Moshe dengan mudah membuka pengaman di ponsel tersebut setelah menyambungkannya ke sebuah alat khusus berbentuk serupa tablet.

BBC
Perangkat UFED yang dipakai oleh VP Business Development of Forensics Cellebrite, Yuval Ben Moshe, saat melakukan demonstrasi menembus kunci pengaman ponsel dalam wawancara dengan BBC. [BBC]

Moshe mengatakan pihaknya mampu membobol perangkat yang menjalankan sistem operasi terbaru, juga membuka data percakapan dari aplikasi-aplikasi pesan instan.

Halaman
1234
Editor: Ilham Mangenre
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help