Tebusan Amnesti Pajak di Sulselbatra Capai Rp 895,1 Miliar

Pencapaian periode I ini bahkan melampaui prediksi awal yaitu Rp 750 miliar hingga periode II.

Tebusan Amnesti Pajak di Sulselbatra Capai Rp 895,1 Miliar
TRIBUN TIMUR/SAKINAH SUDIN
Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sulselbatra Aris Bamba, kepada tribun-timur.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Lt.4 Kanwil DJP Sulselbatra, Selasa (2/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sakinah Sudin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Program tax amnesty atau amnesti (pengampunan) pajak periode II bergulir sejak 1 Oktober 2016. Pada periode ini, tarif tebusan sudah naik dari periode sebelumnya.

Untuk tarif tebusan repatriasi dan deklarasi harta di dalam negeri misalnya. Tarifnya menjadi 3 persen dibanding periode I yang hanya 2 persen. Program periode II ini pun cukup mendapat sambutan baik dari masyatakat.

Hingga 20 November 2016, manajemen Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sulselbaltra) mencatatkan pembayaran uang tebusan amnesti pajak sebesar Rp 29,8 miliar. Jumlah itu dari 2.421 wajib pajak (WP) yang telah menyerahkan surat setoran pajak (SPP).

Kepala Bidang (Kabid) P2 Humas Kanwil DJP Sulselbatra Aris Bamba mengatakan, untuk pencapaian tahap II sejauh ini semuanya pembayaran tebusan deklarasi dalam negeri dan UMKM (usaha kecil, mikro, dan menengah).

"Jadi jika ditotal dari periode hingga sekarang, keseluruhan spp 12.141 SPP dengan uang tebusan sebesar Rp 895,1 miliar," imbuhnya.

Pasalnya, lanjut dia, pada periode I jumlah uang tebusan mencapai Rp 865,3 miliar dari 2.421 SPP. Pencapaian periode I ini bahkan melampaui prediksi awal yaitu Rp 750 miliar hingga periode II.

"Dengan hasil ini, kami optimis prediksi uang tebusan selama program amnesti pajak (Periode I-III) sebesar Rp 1 triliun bisa tercapai," ujarnya. (*)

Penulis: Sakinah Sudin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help