Home »

Luwu

Pilkada Luwu 2018

Lewat Cerdas Cermat, Bawaslu Sulsel Latih Pelajar Luwu Jadi Pemilih Cerdas

Menurutnya, para siswa SMA sederajat yang memilih ini harus jauh dari politik uang dan isu sara, sehingga tidak seperti yang kerap terjadi.

Lewat Cerdas Cermat, Bawaslu Sulsel Latih Pelajar Luwu Jadi Pemilih Cerdas
desy/tribunluwu.com
Suasana cerdas cermat pelajar yang dilakukan Bawaslu Sulsel di aula pertemuan Dikpora, Jl Jendral Sudirman, Kompleks Perkantoran, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Senin (31/10/2016). 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel menggelar pelatihan bagi siswa SMA sederajat di Kota Belopa, Luwu, melalui cerdas cermat.

Kegiatan ini diikuti 10 sekolah se-Luwu dan digelar di aula pertemuan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Luwu, Jl Jendral Sudirman, Kompleks Perkantoran, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Senin (31/10/2016).

Tujuan dilakukannya cerdas cermat ini untuk memberikan pemahaman secara dini kepada para siswa yang nantinya akan menjadi pemilih dalam rangka menghadapi   pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018,

"Mereka nanti ini khususnya yang kelas tiga atau XII sudah mulai memilih, kita ajarkan dan dilatih melalui perlombaan cerdas cermat untuk melihat kemampuan dan ilmu mereka mengenai pemilihan," ujar Ketua Bawaslu Provinsi, Arumahi, kepada tribunluwu.com, Senin (31/10/2016).

Menurutnya, para siswa SMA sederajat yang memilih ini harus jauh dari politik uang dan isu sara, sehingga tidak seperti yang kerap terjadi.

Para siswa ini juga diberikan pengetahuan betapa penting manfaat mereka memberikan hak suaranya atas kepentingan pembangunan daerah.

Para siswa SMA, lanjut Arumahi, yang masih menajdi pemula harus memberikan mereka pemahaman bagaimana memilih secara cerdas dalam menggunakan hak suaranya.

Sementara Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel, Sudirman Rahim, mengatakan pentingnya memberikan pemahaman melalui cerdas cermat, agar generasi muda ini dapat memberikan hak suaranya dengan benar.

"Kalau sekarang pemilih yang sudah tua, sudah terlanjur, makanya bagaimana saat ini para generasi muda dibekali dengan memilih yang benar, jangan tergiur hanya uang Rp 100 ribu sudah senang, tapi efek lima tahun kedepan yang harus dipertimbangkan" ujar Sudirman.

Kegiatan ini merupakan program bawaslu terhadap 24 Kabupaten di Sulsel, sementara di Luwu merupakan daerah ke 15 dilaksanakannya program ini.

Tim bawaslu ini terdiri dari 12 orang yang terjun langsung ke Daerah.

Kepala Dinas Dikpora, Andi Pahri mengatakan, sekolah yang ikut cerdas cermat ini sebagai percontohan.

Ada 10 sekolah sebagai peserta, yaitu SMAN 1 Belopa, SMKN 1 Belopa, SMAN 1 Larompong, MAN Suli, SMKN 1 Walenrang, SMA 1 Walenrang, SMAN 1 Larompong Selatan, SMAN 2 Belopa, SMA Kristen, SMAN 1 Unggulan Kamanre dan SMAN 1 Bua.

"Yang juara nanti di sini akan dikirim sebagai duta di Provinsi," tutup Andi Pahri.

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help