Kumpul Marga Tionghoa Terbanyak, PSMTI Pecahkan Rekor

Selain marga Tionghoa dari Indonesai, acara tersebut juga dihadiri perwakilan marga Tionghoa dari sejumlah negara ASEAN, seperti Singapura

Kumpul Marga Tionghoa Terbanyak, PSMTI Pecahkan Rekor
TRIBUN TIMUR/Moeh David Aritanto
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Swiss Belinn, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (21/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Moeh David Aritanto

TRIBUN-TIMUR.COM, BATAM-Kumpulkan marga tionghoa terbanyak di Batam, PSMTI memecahkan rekor. Sekitar 90 marga Tionghoa hadir dalam perayaan HUT XV PSMTI dan Konferensi VIII Marga Tionghoa se ASEAN di Swiss Bel Hotel Batam, Jumat (21/10/2016).

Selain marga Tionghoa dari Indonesai, acara tersebut juga dihadiri perwakilan marga Tionghoa dari sejumlah negara ASEAN, seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Laos hingga Tiongkok.

Berkumpulnya 90 marga Tionghoa tersebut disaksikan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata Arief Yahay, Kapolda Kepulauan Riau, Brigjen Pol Drs Sam Budigusdin, dan Ketua DPRD Batam Nuryanto.

Beberapa Ketua PSMTI Provinsi di Indonesia yang dianggap loyal, juga mendapat penghargaan dari Ketua PSMTI Pusat, David Herman Jaya. Salah satunya, yakni Ketua PSMTI Susel, Willianto Tanta.

Sekitar 1000 warga Tionghoa se Indonesia memadati ball rom Swiss Bel Hotel Batam. Dalam acara ini, juga hadir Ketua DPP Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Pusat, Uztad Anton Medan.

Acara diawali tarian persembahan melayu khas Kepri, lagu kebangsaan Indonesia, parade kirab sembilan puluh bendera Marga-marga Tionghoa, yang diawali Barongsai dan kelompok ibu-ibu muslim penabu Rebana.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini tak ada masalah dengan perbedaan suku dan agama di Indonesia.

"Kita semua adalah satu kesatuan bangsa Indonesia. Jangan lagi ada diskriminasi baik dijajaran pemerintahan. Kita semua punya hak yang sama. Selaku warga negara Indonesia,"katanya.

Dia pun mengajak seluruh anggota PSMTI berperan untuk memajukan Indonesia.(*)

Penulis: Muh. David Aritanto
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help