TribunTimur/
Home »

Maros

PT CS2 Pola Sehat Bantah Limbah Teh Gelar Cemari Sawah Warga

PT CS2 pola sehat dan Badan Lingkungan Hidup Dearah (BLHD) Maros telah melakukan observasi di lapangan di sekitar areal pabrik.

PT CS2 Pola Sehat Bantah Limbah Teh Gelar Cemari Sawah Warga
TRIBUN TIMUR/ANSAR
Perusahaan PT CS2 Pola Sehat yang memproduksi teh gelas di Dusun Bontosunggu, Desa Minasa Baji, Kecamatan Bantimurung dikeluhkan warga. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Pihak PT CS2 Pola Sehat yang memproduksi teh gelas di Dusun Bontosunggu, Desa Minasa Baji, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan mengklarifikasi keluhan warga yang menyebut limbah teh gelas cemari sawah dan membubuh ikan di sungai.

Head of Corporate and Marketing Communication OT, Harianus I Zebua membantah matinya ikan di sungai akibat bocornya limbah teh gelas ke sungai Bontosunggu.

"Limbah PT CS2 Pola Sehat telah dikelola melalui sistem pengolahan limbah berstandar waste water treatment plant dengan ipal yang sesuai, baik dalam hal kapasitas, saluran maupun hasil keluarannya. Tidak ada kebocoran saluran limbah yang langsung mengalir ke sungai," tulis Harianus I Zebua melalui rilisnya, Jumat (21/10/2016).

Menurutnta, setiap limbah yang keluar sudah sesuai dengan ijin pembuangan limbah cair (IPLC) yang dimiliki PT. CS2 Pola Sehat dan memenuhi baku mutu sesuai dengan keputusan Gubernur Sulawesi Selatan nomor 69 tahun 2010.

PT. CS2 pola sehat dan Badan Lingkungan Hidup Dearah (BLHD) Maros telah melakukan observasi di lapangan di sekitar areal pabrik.

"Dari hasil pengamatan tersebut, dapat dipastikan pengolahan limbah PT CS2 Pola Sehat tidak terkait dengan kabar tersebut. Tidak ditemukan bukti-bukti faktual adanya hewan mati di sekitar wilayah pabrik," ujarnya.

Pabrik PT. CS2 Pola Sehat telah memenuhi standarisasi pembangunan, sistem produksi, dan pengolahan limbah yang baik. Hal ini terbukti dengan digunakannya sistem wastewater treatment plant yaitu pengolahan limbah yang dirancang untuk menghapuskan produk limbah biologi atau kimia

"Sehingga hasilnya dapat digunakan untuk keperluan lain, mengairi tanaman atau untuk konsumsi misalnya. Setiap bulannya PT. CS2 Pola Sehat juga melakukan pengujian rutin terhadap kualitas baku mutu hasil pengolahan limbah ke laboratorium kementrian kesehatan  yang telah ditunjuk oleh BLHD," ujarnya.

PT CS2 Pola Sehat ingin terus melestarikan lingkungan dengan selalu menjaga kualitas produk maupun limbah yang dihasilkannya.

Produknya telah memenuhi standar terbaik yang ditentukan adalah jaminan mutu quality assurance.

Perusahaan terus akan terus memberikan kontribusi positif terhadap warga, terutama dalam menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif, bersih dan terjaga, serta siap mendukung semua program pemerintah terkait lingkungan hidup.(*)

Penulis: Ansar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help