Ketua PSMTI: Marga Tionghoa Buat Indonesia Semakin Bhineka

Marga dalam suku Tiionghoa, jelas David, adalah representasi detail dari tradisi kuno satu kampung di negeri Tiongkok.

Ketua PSMTI: Marga Tionghoa Buat Indonesia Semakin Bhineka
TRIBUN TIMUR/THAMZIL THAHIR
Organisasi Pertemuan Marga Tionghoa Indonesia (PMTI) untuk kali pertama bertemu secara resmi di Hotel Novotel, Sei Jodoh, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (21/10/2016) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Thamzil Thahir

TRIBUN-TIMUR.COM, BATAM-Organisasi Pertemuan Marga Tionghoa Indonesia (PMTI) untuk kali pertama bertemu secara resmi di Hotel Novotel, Sei Jodoh, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (21/10/2016) siang.

Ada 700 orang dari 21 provinsi se-Indonesia yang bergabung. Mereka membawa atribut sekitar 70 an marga yang secara turun temurun sudah membaur dan menyebar di Indonesia, sejak abad ke 11 masehi.

"Awal mula dan Perkembangan Islam di Indonesia itu justru dibawa oleh laksamana Ceng Hoo, perantau asal negeri Tiongkok," kata Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), David Herman Jaya saat memberi sambutan lisan sebelum pembukaan resmi temu marga.

Marga dalam suku Tiionghoa, jelas David, adalah representasi detail dari tradisi kuno satu kampung di negeri Tiongkok.

Tradisi itu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dan menjadi nilai dalam semangat hidup, berdagang, dan semua sendi kehidupan.

"Marga-marga inilah yang bergabung, membaur dan membuat Indonesia kian bhineka,' ujar pemilik kelompok usaha karoseri New Armada Jaya ini.

Pertemuan ini, selanjutnya, akan jadi event tahunan yang bersamaan dengan agenda PSMTI. Hadir dalam acara itu, anggota DPR RI Agus Cahayana Wirakusuma, Ketua DPRD Kepri Aswin Patros.

Hadir juga Poo Murdaya dan Anton Medan, dua anggota dewan penyantun PMTI dan ketua dewan pakar Christianto Wibisono yang juga ekonom dari CSIS.(*)

Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved