Kisah Kecil Riri Riza di Makassar

Riri Riza, Athirah dan Memori Nasi Campur Pabaeng-baeng

Hari ini, Minggu (2/10/2016), Riri Riza genap berusia 46 tahun. Tak banyak yang tahu, Riri Riza lahir, dan menghabiskan masa kecilnya di Ujung Pandang

Riri Riza, Athirah dan Memori Nasi Campur Pabaeng-baeng
TRIBUN TIMUR
Riri Riza 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Sutradara ternama Indonesia, Riri Riza, setidaknya sudah membuat 24 film, yang dikenang ini. Tema filmnya, senantiasa seputar kisah heroisme anak negeri.

Film Athirah, yang tayang perdana, Kamis (29/9/2016) lalu, adalah karya paling update bersama , dibawah bendera Miles Production, rumah produksi yang dia dirikan bersama Mira Lesmana (produser), 22 tahun lalu.

Riri 'ahlinya' film budaya lokal. Kariernya melejit lewat serial dokumenter, Anak Seribu Pulau (1994), kala itu dia masih 24 tahun.
Lalu, menyusul film lain; Belitong lewat Laskar Pelangi (2008), kisah suku anak dalam di Jambi lewat Sokola Rimba (2013), Atmabua 39 Derajat Celcius (2012) tentang Timor Leste pasca-referendum.

Namun, film drama keluarga, Athirah, terasa lain baginya. Meski ini berkisah ibu kandung Wapres Jusuf Kalla, namun setting film ini melibatkan 'emosi dan memori' masa kecilnya.

Setting entitas Bugis-Makassar, ternyata secara spesifik belum pernah dia garap, di seperempat abad kerier sinematografinya.

"Jujur, Athirah itu salah satu mimpi saya," katanya kepada Tribun di sela-sela mempersiapkan keikutsertaan film Athirah, sebagai official film di ajang 29th Tokyo International Film Festival, di Tokyo, Jepang, Jumat (30/9/2016) malam waktu Indonesia.
Festival itu sendiri digelar akhir Oktober hingga awal November 2016.

Dari Tokyo, kepada Tribun, Riri mengaku akan bertolak ke Kanada dalam rangka pemutaran Film Athirah (Emma') di Vancouver International Festival, Jumat (30/9/2016).

Untuk ikut festival itu, film Athirah, dia 'modifikasi' menjadi Emma', sebutan ibu dalam bahasa Bugis, sekaligus sapaan Jusuf Kalla, kepada ibunya, Hajjah Athirah.

Hari ini, Minggu (2/10/2016), Riri Riza genap berusia 46 tahun. Tak banyak yang tahu, Riri Riza lahir, dan menghabiskan masa kecilnya di Ujungpandang.

Usia 9 tahun, tepatnya awal 1980, dia pindah ke Jakarta. Ayahnya, Mohammad Riza, yang kala itu kepala kantor wilayah Departemen Penerangan Sulsel, pindah tugas ke kantor Ali Moertopo, menteri penerangan saat itu.

Halaman
123
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved