Kisah Kecil Riri Riza di Makassar

Memori Bioskop Istana dan MIWF

Meskipun sudah menyenangi menonton film, namun ia mengaku belum terpikirkan untuk bergelut di balik layar kala itu.

Memori Bioskop Istana dan MIWF
TRIBUN TIMUR
Riri Riza 

TRIBUN-TIMUR.COM-Menonton film bersama keluarga di bioskop Istana juga menjadi aktivitas masa kecil Riri Riza di Makasaar. Bioskop Istana dulunya di Jl Ranggong.

Dari bioskop Istana, hanya dengan berjalan kaki, ia pergi menikmati indahnya Pantai Losari yang dulu dikenal sebagai pantai dengan meja terpanjang di dunia.

"Saat itu kami hanya paling menonton film dengan tema keluarga. Tapi tidak terlalu sering karena memang saat itu film belum banyak,"katanya, Jumat (30/9/2016)

Riri juga mengaku semasa kecil, ia paling menanti-nantikan film dengan suasana natal yang penuh dengan gemerlap lampu dan salju yang ia akui bisa menggerakkan imajinasinya.

Ia juga mengingat kala Makassar menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia sekitar tahun 1977, ia bertemu tokoh-tokoh film nasional dan melihat banyak ruang-ruang diskusi mengenai film.

Apalagi, saat itu ayahnya, yang menjadi Kepala Kanwil Departemen Penerangan memiliki peran dalam pelaksanaan FFI di Makassar.

Meskipun sudah menyenangi menonton film, namun ia mengaku belum terpikirkan untuk bergelut di balik layar kala itu.

MIWF dan SEA Screen

Bersama Lily Yulianti Farid, Riri menggagas program tahunan Makassar International Writer's Festival di tahun 2011 dan South East Asian Screen Academy di tahun 2012.

Melalui dua program tersebut, Riri berharap ada ruang bagi masyarakat Makassar untuk berkarya dan berekspresi.

Halaman
12
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved