Program Tax Amnesty, Wajib Pajak Pulangkan Harta ke Tanah Air

Uang tebusan tersebut berasal dari deklarasi dalam negeri dan repatriasi. Juga deklarasi harta dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Program Tax Amnesty, Wajib Pajak Pulangkan Harta ke Tanah Air
TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
Manajemen Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sulselbartra) menggelar Media Gathering di Hotel Pantai Gapura, Rabu (3/8/2016). Dalam media Gathering ini Kepala Kanwil DJP Neilmadrin Noor memaparkan, pihaknya terus mengupdate perkembangan program Tax Amnesty atau amnesti pajak, khususnya uang tebusan.tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sakinah Sudin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Manajemen Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sulselbartra) terus mengupdate perkembangan program Tax Amnesty atau amnesti pajak, khususnya uang tebusan.

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Neilmadrin Noor mengatakan, sejak program Tax Amnesy resmi diluncurkan pada 18 Juli hingga Selasa (2/8/2016), uang tebusan mencapai Rp 500 juta-an dari 21 Wajib Pajak (WP).

Uang tebusan tersebut berasal dari deklarasi dalam negeri dan repatriasi. Juga deklarasi harta dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami belum bisa memberikan berapa total dana yang dideklarasikan. Nanti September baru kami update lagi. Yang pasti, dari 21 WP itu, ada satu yang repatriasi atau membawa hartanya kembali ke tanah air," kata Neilmadrin, pada Media Gathering di Hotel Pantai Gapura, Rabu (3/8/2016).

Neilmadrin berharap semakin banyak WP yang mendeklarasikan maupun repatriasi harta. Pasalnya, kata dia, aset yang ada untuk digunakan membiayai sektor rill, khususnya infrastruktur.

Terkait target uang tebusan yang bisa diperolah dari program amnesti pajak, Neilmadrin mengaku belum mendapatkan info dari pusat. Namun, pihaknya coba mengkalkulasi potensi yang bisa didapatkan.

"Kami sudah mencoba kalkulasi. Dari total WP di Sulselbatra saat ini yaitu sekitar 1,2 juta baik badan maupun pribadi, setidaknya potensi uang tebusan bisa mencapai Rp 700 miliar sampai Rp 1 triliun," ujarnya.

"Kami berharap hal ini bisa terwujud. Olehnya, kami mengimbau masyatakat untuk ikut aktif memanfaatkan program ini," tambahnya. (*)

Penulis: Sakinah Sudin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved