Pertumbuhan Harga Rumah Kecil di Makassar Tertinggi se-Indonesia

Ceruk pasar yang disebut Deputy General Manager Region III Ciputra Group Barawidjaja sebagai paling gemuk ini memang menjanjikan peluang besar.

Pertumbuhan Harga Rumah Kecil di Makassar Tertinggi se-Indonesia
Kompas.com
Paddy Valley, CitraGrand Galesong City. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mudah dimafhumi jika Ciputra Group mengubah orientasi bisnis propertinya di Makassar dengan lebih memfokuskan diri pada segmen menengah ke bawah.

Ceruk pasar yang disebut Deputy General Manager Region III Ciputra Group Barawidjaja sebagai paling gemuk ini memang menjanjikan peluang besar.

"Proyek kami seharga Rp 200 jutaan di Distrik Lavanya, CitraGrand Galesong City disambut antusias pasar. Dua tahap di Cluster Verdhana terjual habis sebanyak 400 unit," papar Barawidjaja kepada Kompas.com, Senin (20/5/2016).

Tak pelak, larisnya produk rumah murah tersebut mampu mengatrol harga jual sekitar 7,8 persen hingga 10 persen per April 2016.

Secara umum, Makassar sendiri dalam laporan survei Bank Indonesia kuartal I-2016 mencatat pertumbuhan harga rumah tertinggi se-Indonesia untuk tipe kecil yakni 21,27 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sekitar 16,12 persen.

Pertumbuhan harga ini jauh mengungguli kota-kota lainnya seperti Batam sebesar 16,08 persen, dan Semarang dengan 15,49 persen.

Sementara segmen pasar kelas menengah atas yang didominasi pembeli dengan motif investasi dan relatif tidak sensitif terhadap harga, justru masih melakukan aksi tunggu alias wait and see.

Mereka, kata Barawidjaja, menunda pembelian hingga konstelasi bisnis propert benar-benar telah pulih, dan berbagai kebijakan termasuk di sektor fiskal, mendukung iklim investasi lebih menarik.

"Sektor perpajakan masih jadi momok bagi investor. Meski demikian, dengan dibahasnya RUU Tax Amnesty oleh DPR, menjadi langkah awal untuk optimisme sektor properti lebih baik lagi," tandas Barawidjaja.

Penulis: Imam Wahyudi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help