CITIZEN REPORTER

Kemenkop UKM RI Uji Kompetensi Fasilitator

Dalam pelatihan ini mengacu pada kompetensi yang dtujukan bagi manajer Koperasi Jasa Keuangan (KJK) dan Koperasi Jasa keuangan Syariah (KJKS)

Kemenkop UKM RI Uji Kompetensi Fasilitator
CITIZEN REPORTER
Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar diklat berbasis kompetensi yang dilanjutkan uji kompetensi bagi fasilitator.

Bahrul ulum Ilham
Konsultan PLUT KUMKM Sulsel
Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM-Dalam upaya peningkatan kapasitas SDM bidang koperasi dan UKM, Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar diklat berbasis kompetensi yang dilanjutkan uji kompetensi bagi fasilitator.

Kegiatan bertema “Peningkatan Kapasitas Fasilitator SDM KUKM Melalui Pelatihan dan Uji sertifikasi Bidang Koperasi Simpan Pinjam” dilaksanakan di hotel Sahid Jaya Makassar yang digelar dari tanggal 19-24 April 2016 yang diikuti 30 orang fasilitator.

Dalam pelatihan ini mengacu pada kompetensi yang dtujukan bagi manajer Koperasi Jasa Keuangan (KJK) dan Koperasi Jasa keuangan Syariah (KJKS).

Pelatihan ini berpedoman pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Koperasi Jasa Keuangan/Syariah (SKKNI-KJK) yang telah disepakati secara nasional terkait dengan keahlian, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu.

Setelah megikuti diklat, peserta yang berasal dari lembaga diklat, utusan Diskop UKM/Kabupaten, perguruan tinggi dan fasilitator perkoperasian ini selanjutnya mengikuti uji kompotensi metodologi dan uji kompotensi substansi bidang koperasi simpan pinjma (KSP).

Uji kompotensi metodologi menghadirkan assessor dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) Intala dan Uji kompotensi substansi koperasi simpan pinjam (KSP) menghadirkan asesor dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) KJK/KJKS.

Kepala Balatkop dan UMKM Sulawesi Selatan, Abdul Azis Bennu mengatakan, melalui diklat dan uji kompotensi, fasilitator dapat mengajar, memberikan aktivitas yang bertumpu pada peserta dan mengevaluasi kegiatan sesuai dengan SKKNI-KJK/KJKS dapat memfasilitasi pelatihan sesuai dengan pekerjaan sebenarnya di tempat kerja.

"Melalui diklat dan uji kompotensi diharapkan dapat memacu kualitas SDM koperasi dan UMKM di Sulawesi Selatan," tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Deputi SDM Kemenkop UKM RI melalui Asdep Standardisasi dan Sertifikasi SDM KUMKM merupakan program strategis Kemenkop UKM RI.

Pelatihan dan uji kompotensi bagi fasilitator sangat penting dalam rangka menyambut era globalisasi yang mendorong seluruh SDM untuk memiliki kemampuan dan profesionalisme termasuk fasilitator koperasi dan UMKM.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved