LSP Politani Pangkep Adakan Pelatihan Asesor Kompetensi Angkatan VI

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP)

LSP Politani Pangkep Adakan Pelatihan Asesor Kompetensi Angkatan VI
arifuddin usman/tribun-timur.com
Peserta pelatihan asesor kompetensi LSP Politani Pangkep berfoto bersama saat pembukaan di Hotel Raising, Jl Prof Abd Rahman Basalamah, Makassar, Senin (28/3/2016) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur: Arifuddin Usman

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKEP- Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) atau Politani Pangkep, mengadakan Pelatihan Asesor Kompetensi, di Hotel Raising, Makassar, 28 Maret hingga 01 April 2016.

Sebanyak 22 orang peserta mengikuti pelatihan yang diadakan selama lima hari tersebut. Peserta pelatihan ini tak lain dari staf pengajar dan tenaga pendidikan di lingkungan Politani Pangkep.

Pelatihan tersebut dibuka Direktur Politani Pangkep Ir Andi Asdar Jaya MSi pada Senin (28/3/2016) malam.

Peserta wajib mengikuti pelatihan selama lima hari dan ditutup dengan ujian.

"Tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan calon asesor kompetensi. Mereka nantinya bakal menguji kompetensi tenaga di bidang pertanian, perikanan, kelautan," kata Andi Assad dalam rilis Humas Politani ke Tribun, Selasa (29/3/2016).

"Selain itu, mereka juga akan bertugas memastikan tercapainya kompetensi pada program pembelajaran di Lembaga pendidikan. Ini juga bagian dari peningkatan kapasitas dosen," jelasnya.

Ketua LSP Politani Pangkep Andi Muh Yuslim Patawari SSTp Pi MSi menambahkan pemateri pelatihan adalah master pengembangan pengajar dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta.

"Jadi pengajar di pelatihan ini langsung dari BNSP Pusat. Pelatihan ini sudah masuk angkatan keenam dan sejauh ini Politani Pangkep sebagai perguruan tinggi paling banyak memiliki asesor," kata Yuslim.

Hingga angkatan kelima, Politani sudah memiliki jumlah total 100 orang asesor. Tiap angkatan sebelumnya, LSP Politani Pangkep selalu mencetak sebanyak 20 orang.

"Jadi dengan tambahan 22 orang, nantinya kita bakal memiliki 122 orang Asesor. Tentu saja kita bakal jadi yang terbanyak. Tapi bukan itu makna utamanya. Ini menandakan bahwa dosen-dosen di Politani Pangkep telah kompeten," jelasnya.

Di Indonesia, baru delapan yang sudah terlisensi LSP di seluruh politeknik. Politani Pangkep menjadi terbaik keenam dari seluruh Politani yang banyaknya 60-an.

"Saat ini menjadi rujukan baik politeknik maupun universitas dalam pengembangan sertifikasi kompetensi," tambah Ketua Panitia Pelatihan Muh Daud SSTp MSi.(*)

 

Penulis: Arif Fuddin Usman
Editor: Ilham Mangenre
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved