TribunTimur/

Sarjana Elektro Unhas Pastikan ‘Iron Man’ Bali Bohong, Ini Penjelasannya

Satu-satunya fungsinya yang dapat dipercaya adalah bahwa itu barang menjadi penopang tangannya doang...

Sarjana Elektro Unhas Pastikan ‘Iron Man’ Bali Bohong, Ini Penjelasannya
KOMPAS.com/Sri Lestari
I Wayan Sumardana (31) alias Sutawan, pria asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, yang berhasil membuat tangan robot untuk membantunya bekerja sehari-hari sebagai tukang las. 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu sarjana lulusan Teknik Elektro Universitas Hasanuddin (Unhas) Canny Watae menyebut I Wayang Sumardana alias Tawan berbohong.

Canny dalam akun facebooknya, Kamis (21/1/2016) mengungkap sejumlah analisa terkait robot tangan ciptaan Tawan. Dia berkesimpulan jika itu hoax.

Tawan mengklaim robot tangan itu diperintahkan melalui otaknya. Oleh karena itu dia dijuluki Iron Man Bali.

Canny Watae menulis:

Maaf, tanpa mengurangi rasa hormat pada kawan kawan yang sempat bersimpati pada Tawan, si "Iron Man" dari Bali, yang diberitakan membuat lengan robot untuk mengatasi kelumpuhan salah satu lengannya yang katanya karena stroke, saya mau bilang: orang ini bohong.

Mencermati rangkaian elektronik yang dirangkai Tawan dari berbagai perangkat elektronik bekas, yang saya lihat fotonya di BBC dan saya cermati videonya di Metro TV yang di-youtube-kan, saya yakin rangkaian itu tidak ada hubungannya dengan "menghasilkan gerak mekanik".

Justru, sebaliknya, melihat ada "jeroan" printed-circuit-board (PCB) mouse di situ, itu malah alat konversi gerakan mekanik (nge-klik) ke isyarat elektrik.

//

Pengalihan isu macam mana pula ini? Ditayangkan Metro TV, diwartakan pula oleh BBC?Maaf, tanpa mengurangi rasa hormat...

Dikirim oleh Canny Watae pada 21 Januari 2016

Demikian pula penggunaan aki 12V sebagai tegangan kerja untuk berbagai papan sirkuit elektronik yang ada di rangkaian itu.

Halaman
12
Penulis: Ilham Arsyam
Editor: Ilham Arsyam
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help