Ini Filosofi Setiap Elemen di Logo Baru UIN Alauddin

Berikut makna filosofi dari logo yang dibuat oleh Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut

Ini Filosofi Setiap Elemen di Logo Baru UIN Alauddin
UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Logo baru UIN ALauddin Makassar

Laporan Wartawan Tribun Timur, Anita Wardana

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Logo UIN Alauddin Makassar yang baru saja dilaunching bertepatan dengan Peringatan Milad Emas 50 Tahun UIN Alaudin Makassar terdiri atas sejumlah elemen.

Berikut makna filosofi dari logo yang dibuat oleh Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut:

Elemen-Elemen Logo UIN Alauddin Makassar:

1. Elemen pertama, pola dasar masjid yang melambangkan UIN Alauddin Makassar sebagai pusat pembinaan akhlak dan kepribadian muslim, pusat pencerahan dan tranformasi Ipteks, dan pusat pengembangan peradaban Islam.

2. Elemen kedua, terdiri atas kubah masjid yang melambangkan UIN Alauddin sebagai wadah penerapan dan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis pada ajaran Islam, pintu masjib berarti UIN Alauddin sebagai pintu gerbang pembangunan manusia muslim yang berakhlak mulia dan berpegang teguh pada kebenaran Islam, serta mata pena yang berarti UIN Alauddin sebagai pusat transformasi dan pengembangan Ipteks berbasis pada prinsip dan nilai Islam.

3. Elemen Ketiga, yaitu perahu pinisi tampak dari depan yang mengartikan keberadaan UIN Alauddin di wilayah Sulsel, keuletan dan kekokohan dalam perjalanan mengemban misi untuk mencapai tujuan UIN Alauddin Makassar.

4. Elemen keempat, yaitu dua buku yang terintegarsi yang terdiri dari buku berwarna hijau yang melambangkan Al quran-Hadis sebagai kitab sumber dan buku berwarna putih melambangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Integrasi kedua buku tersebut melambangkan integrasi keilmuan UIN Alauddin Makassar sebagi kampus peradaban.

5. Elemen kelima, yaitu Islamic Star sebagai simbol 3P UIN Alauddin sebagai pusat pencerdasan, pencerahan dan prestasi. Dimana, dalam simbol Islamic Star terdapat angka 1965 sebagai petanda tahun kelahiran UIN Alauddin Makassar yang dituliskan dengan pola aksara lontara dan bermaksa keteguhan UIN Alauddin dalam nilai islam dan kearifan lokal.

6. Elemen keenam, Penulisan "Alauddin" di logo menggunaan font Philosopher yang menunjukkan UIN Alauddin memberi pelayanan yabg flexibel, luwes, dan terbuka untuk menjadi kampus yang lebih baik. Sedangkan, tulisan "Universitas Islam Negeri" dan "Makassar" memakai font jenis Kartika Bold yang menggambarkan kekuatan, ketegasan dan komitmen untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan berdaya saing.

7. Warna hijau melambangkan kesuburan, kesejukan dan kesungguhan. Sedangkan warna kuning emas melambangkan kejayaan, kemuliaan, kesetiaan dan pengabdian

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved