Rumata' Kembali Gelar SEAscreen Academy

Di tahun keempat penyelenggaraan SEAscreen Academy dikembangkan menjadi rangkaian pelatihan yang berlangsung dalam periode enam bulan.

Rumata' Kembali Gelar SEAscreen Academy
kapanlagi.com
Riri Riza

Laporan Wartawan Tribun Timur, Anita Wardana

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rumata' Artspace kembali menggelar Makassar SEAscreen Academy pada Maret-Oktober 2016. Memasuki tahun penyelenggaraan keempat, Makassar SEAscreen Akademy akan berlangsung dalam periode enam bulan dan mengajukan tema film "Pulang dan Terhubung Kembali : Cerita-Cerita dari Timur".

Direktur Makassar SEAscreen Academy, Riri Riza mengatakan, di tahun keempat penyelenggaraan SEAscreen Academy dikembangkan menjadi rangkaian pelatihan yang berlangsung dalam periode enam bulan.

Program pelatihan ini pun akan menitikberatkan pada pola pendampingan untuk pengembangan konsep dan skenario film panjang karya sineas dari Indonesia Timur.

Pelatihan ini pun akan dikemas dalam bentuk kegiatan lokakarya dengan master class penulisan kreatif, produksi film, hingga distribusi film.

Para pengajar yang mendampingi peserta antara lain Tomomi Ishiyama (Jepang), Mira Lesmana (Indonesia), Ine Febrianty, Meiske Taurisia, Ifa Isfansyah, Nawapoi Thamrongrattanarit (Thailad), Shireen Seno (Filipina) dan Wo Ming Ji (Singapura).

"Kami mengundang para sineas dari Indonesia Timur yang telah memiliki reputasi dan prestasi serta diutamakan telah mengikuti berbagai pelatihan produksi film pendek atau Makassar SEAscreen Academy tahun-tahun sebelumnya,"kata Riri seperti dikutip dalam rilis yang diterima Tribun.

Sutradara Film Sokola Rimba ini menjelaskan, Makassar SEAscreen edisi keempat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk secara praktis dan efektif terlibat dalam sebuah proses pelatihan, kemudian bisa memproduksi film cerita panjang.

Akan dipilih satu kelompok pemenang dengan gagasan paling potensial untuk diproduksi menjadi film panjang durasi 70-90 menit. Pemenang pun akan mendapat subsidi biaya produksi dari sebuah perusahaan film yang profesioanl.

"Feature film development lab-SEAscreen Academy diharapkan menjadi sebuah langkah taktis dan strategis dalam melahirkan generasi baru perfilman Indonesia, khususnya dari kawasan Indonesia timur,"tambahnya. (nit)

Jadwal Makassar SEAscreen Academy 2015/2016

1. Workshop, Diskusi, Sosialisasi Membaca Arus Baru Sinema Asia : 27-29 Agustus 2015
2. Pendaftaran Peserta : 1 November-1 Desember 2015
3. Pengumuman Hasil Seleksi : 15 Desember 2015
4. Akademi Tahap I : 3-7 Maret 2016
5. Akademi Tahap II: 25-29 Juli 2016
6. Akademi Tahap III : 8-10 Oktober 2016

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Mutmainnah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved