• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribun Timur
Home » News » Politik

Nurmal Idrus: Pengetahuan PKK, PPS dan KPPS Masih Minim

Rabu, 19 Februari 2014 11:52 WITA
Nurmal Idrus: Pengetahuan PKK, PPS dan KPPS Masih Minim
dok tribun-Timur/diwan
Nurmal Idrus

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM --Direktur Lembaga Bantuan Teknis dan Manajemen Pemilu, Nurani Strategis, Nurmal Idrus mendesak kepada KPU provinsi maupun kabupaten/kota untuk segera melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada jajarannya di lapangan baik PPS, PPK maupun KPPS.

"Lebih baik mereka kini fokus melakukan bimtek kepada petugasnya. Ini mesti diseriusi karena itu berpotensi terjadinya kekacauan di TPS jika pemahaman teknis petugas minim," kata Nurmal yang huga merupakan mantan Ketua KPU Makassar ini.

Hal ini disampaikan Nurmal setelah melakukan investigasi awal pada penyelenggara pemilu di Sulsel. Nurmal berkesimpulan sebagian besar calon KPPS, PPS dan PPK, sama sekali belum tahu ada peraturan baru yang mengatur pemungutan dan penghitungan suara di TPS yaitu PKPU 26 Tahun 2013.

"Padahal, ada beberapa hal mendasar yang sangat berbeda dengan aturan sebelumnya. Seperti misalnya, status pemilih yg diperbolehkan ke TPS, cara pengisian formulir C1, perlakuan terhadap pemilih di rumah sakit, dan banyak aturan baru lainnya," katanya, Rabu (19/2/2014).

Nurmal mendesak pembekalan bagaimana bertindak cepat jika terjadi kekurangan surat suara di TPS karena pemilih berstatus DPtb, DPK dan DPKtb membludak.

"Dulu, potensi kekurangan surat suara di TPS masih kurang, tapi di Pemilu 2014 ini potensi itu besar sekali terjadi karena semakin beragamnya pemilih yang akan masuk ke TPS," tambahnya.
Nurmal memprediksi, pekerjaan KPPS sebagian besar baru akan berakhir setelah lewat tengah malam. (*)

Penulis: Ilham Arsyam
Editor: Suryana Anas
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas