Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Timur
Home » Ekbis » Probis

Pispi: Sektor Pertanian Nasional Butuh Rp 240 Triliun

Minggu, 15 Desember 2013 16:54 WITA

Makassar, Tribun -‎- Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (Pispi) menilai anggaran untuk sektor pertanian masih minim dan perlu ditingkatkan.

Jika melihat takaran ideal dana yang dibutuhkan untuk memajukan sektor unggulan Ini sedikitnya dibutuhkan Rp ‎240 triliun secara nasional.

Wakil ketua umum ‎BPP Pispi, Salman Dianda Anwar mengatakan pertanian merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki nilai lebih dan penting untuk kelangsungan hidup banyak orang.

Ketahanan pangan akan mampu terwujud maksimal kata Salman jika saja pemerintah mengalokasikan anggaran untuk sektor pertanian lebih besar sesuai nilai pendapatan daerah bruto (PDB).

"PDB untuk sektor pertanian secara nasional sebesar 14,72 persen namun masih 1 persen yang dialokasikan untuk menggenjot sektor ini. Di Sulsel malah lebih besar PDB sektor pertanian hampir 25 persen namun alokasi dana untuk sektor ini masih minim," jelasnya di sela pelantikan pengurus Pispi Sulsel, di Hotel Aryaduta Makassar, kemarin.

Nilai impor Indonesia dalam sektor pertanian yang mencapai Rp 60 trilyun tentu menjadi momok ditengah melimpahnya potensi pertanian di Indonesia. (*)

Penulis: Hajrah
Editor: Ina Maharani

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas