• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Timur

Kampus ISBI Sulsel Akan Hadir di Desa Cikoang Takalar

Kamis, 7 November 2013 15:14 WITA
Kampus ISBI Sulsel Akan Hadir di Desa Cikoang Takalar
ist
ilustrasi

Citizen Reporter, Muhammad Asri, Humas Disdik Sulsel melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM -Setelah sempat tertunda beberapa bulan, pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulsel kembali dilanjutkan. Kepastian ini menyusul diadakannya diskusi yang intensif antara Staf Ahli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Takalar, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta sebagai pendamping serta penitia pendirian ISBI Sulsel dari Unhas dan UNM, Kamis (7/11/2013) di Makassar Golden Hotel.

Acara diskusi yang dibuka Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Muh Roem dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Prov Sulsel Drs Abdullah Djabbar, Bupati Takalar Dr Burhanuddin Baharuddin MSi, Ketua Bappeda Sulsel, Drs Andi Yaksan Hamzah MSi, para pejabat Disdik Sulsel, Dekan Ilmu Budaya Unhas, Dekan Seni dan Sastra UNM, Staf Ahli Mendikbud Bidang Budaya dan Psikologi Pendidikan, Prof. Dr. I Wayan Rai dan Seniman dan Budayawan Sulsel, Udhin Palisuri.

Diskusi yang intensif ini membahas sejumlah permasalahan termasuk lahan yang selama ini menjadi hambatan pendirian institut. Bupati Takalar H. Burhanuddin Baharuddin telah menyiapkan lahan siap bangun dengan luas kurang lebih 31 hektar di Desa Cikoang Kecamatan Mangarabombang.

“Pemerintah Takalar telah menyiapkan lahan, dan Insya Allah kami siap menyukseskan program ini,” tegas Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin.

Dengan adanya kejelasan lahan, kini pihak panitia pendirian ISBI Sulsel bersama staf ahli Mendikbud telah mengusulkan pencairan anggaran pendirian ISBI Sulsel di Kemendikbud. ISBI Sulsel menurut Kepala Dinas Pendidikan Prov Sulsel Abdullah Djabbar akan dilauncing akhir tahun 2013, dan dipersiapkan untuk menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2013/2014.

Dalam diskusi tersebut, terungkap sejumlah usulan seperti penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama akan direkrut dari semua kabupaten kota se Sulsel dan diusulkan menggunakan beasiswa Bidik Misi dari Kemendikbud.

Kehadiran ISBI Sulsel menurut Abdullah Djabbar akan memperkuat posisi Provinsi Sulsel di Kawasan Timur Indonesia sebagai pintur gerbang dan pusat perekonomian, seni budaya dan pendidikan. Karena itu, pihaknya berupaya secara maksimal untuk mewujudkannya.

ISBI Sulsel akan membuka tiga fakultas, yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan program studi Tenun dan Tekstil, Seni Rupa Murni, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual. Fakultas Pertunjukan dengan program studi Seni Tari Daerah, Seni Musik Daerah, Seni Teater Daerah, dan Fakultas Budaya dan Media dengan program studi Sastra Daerah, TV dan Film, Fotografi dan Animasi. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas