• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Timur

UPT KKN Unhas Buka Pendaftaran KKN Kebangsaan

Rabu, 11 September 2013 00:28 WITA
UPT KKN Unhas Buka Pendaftaran KKN Kebangsaan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ronald Ngantung, wakil pimpinan redaksi tribun timur, memberikan materi citizen reporter pada mahasiswa KKN Unhas

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa Unhas yang ingin berpartisipasi pada KKN Kebangsaan yang bakal dilaksanakan 27 Oktober mendatang di Kabupaten Bantaeng.

Kepala UPT KKN Unhas, Dr Hasrulla MA mengatakan syarat pendaftaran KKN Kebangsaan yang mengambil tema Nasionalisme dan Ketahanan Pangan tersebut antara lain mahasiswa yang telah menyelesaikan 110-130 SKS, memiliki IPK minimal 3,0, serta memiliki sejumlah prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

"Pendaftaran sampai akhir September. Kami juga sudah mengirimkan surat ke berbagai universitas di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Kuota untuk universitas luar tiga hingga lima orang, sehingga kami meminta bantuan untuk menyeleksi sendiri mahasiswa yang akan dikirim ke Bantaeng. Sementara di Unhas kami batasi tiga orang setiap fakultas,"ujarnya, Selasa(10/9/2013).

Hasrulla menjelaskan pelaksanaan program KKN Kebangsaan difokuskan untuk tiga hal yakni Teknologi tepat guna, Wisata Kelautan dan Perikanan serta Agronomi. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di tiga kecamatan yang dijadikan lokasi pelaksanaan KKN yakni Kecamatan Ermerasa, Pajukukang, dan Uluere.

"Pemerintah Kabupaten Bantaeng sudah mengirimkan kepada kami apa-apa saja yang dibutuhkan, dari situlah kami menyusun program-program kerja. Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah juga sudah menyatakan kesiapan Bantaeng menerima sekitar 300 mahasiswa Indonesia yang KKN disana,"jelasnya.

Di samping itu, sebelum pelaksanaan KKN Kebangsaan, seluruh peserta KKN yang telah lulus seleksi akan mendapatkan pembekalan umum yang rencananya bakal dihadiri Mendikbud, Menpora, Jusuf Kalla dan Anies Baswedan.

"Kami akan mengundang bapak Mendikbud, Menpora, Jusuf Kalla dan Anies Baswedan sebagai pemateri yang akan memberikan motivasi kepada seluruh peserta KKN,"tambahnya.

KKN Kebangsaan merupakan program yang digagas Unhas, Universitas Andalas, UGM, serta IPB, dimana pelaksanaan KKN Kebangsaan di Kabupaten Bantaeng akan menjadi Pilot Project yang nantinya bakal dibiayai dari anggaran APBN.

"Karena mengambil tema nasionalime dan dilaksanakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda, kami juga rencananya bakal menggelar upacara peringatan hari pahlawan pada 10 November mendatang yang dihadiri Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Bachtiar,"tambahnya. (*)

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
475582 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas