Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Timur

Ini Kegiatan di Karantina Paskibraka Provinsi Sulsel

Rabu, 14 Agustus 2013 23:56 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Peserta paskibraka tingkat provinsi menjalani aktifitasnya di mess karantina gedung PKK Kartini Jl Mesjid Raya, Makassar. Saat Tribun berkunjung pada Rabu malam (14/8/2013), tampak beberapa peserta melaksanakan salat isya selepas makan malam bersama pembina dan pendampingnya.

Siswa siswi terpilih ini rutin melaksanakan kegiatan ibadah selama karantina berlangsung. Selain itu, ada juga beberapa materi yang diberikan para senior dari PPI Sulsel. Salah satu materi diberikan ketua umum PPI Sulsel, Marwan. Pemberian materi rutin di berikan selama karantina, hal ini bertujuan agar kepemimpinan dan kedisiplinan peserta semakin baik.

Setelah materi, kegiatan Rembuk Desa di gelar. Kegiatan ini menurut salah seorang pelatih, Ahmad Saefuddin hampir mirip dengan tradisi bugis makassar, yaitu tudang sipulung. Tujuannya agar peserta lebih akrab dan mampu menjaga hubungan baik dengan pendamping, pembina dan sesama peserta. Kegiatan ini merupakan bagian dari sistem Desa Bahagia sebagai bentuk pengontrolan yang dilakukan pembina dan pendamping.

Menurut Ahmad, setelah kegiatan ini akan ada istirahat untuk para peserta. "Mereka harus menjaga tubuh agar tetap fit", jelasnya sambil menuangkan teh ke cangkirnya.

Para peserta didudukkan di koridor lantai utama gedung PKK. Salah satu peserta memimpin doa "Sebelum makan, mari berdoa sesuai agama masing-masing, tak lama kemudian terdengar sahutan dari seluruh peserta "siap sudah, mari makan!".

Beberapa pendamping mulai mempersiapkan apel malam. Seluruh peserta diwajibkan tidur tepat pukul 22.00 Wita, karena besok sudah ada gladi bersih" kata pendamping perempuan, Nabila. Wanita 24 tahun ini juga mengungkapkan peserta wajib mengikuti apel malam dan pagi.

Penulis: Andi Chaerul Fadli
Editor: Ina Maharani

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas