• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribun Timur

Lagi, Pemkot Kucurkan Rp 2 Miliar untuk Pengabdi Keagamaan

Rabu, 31 Juli 2013 14:07 WITA

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM -Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggucurkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk membantu peningkatan kesejahteraan pengabdi keagamaan se-Kota Makassar.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin melalui Sekretaris Kota Makassar, Agar Jaya, menyerahkan bantuan kepada calon penerima bantuan di ruang pola, Kantor Balaikota Makassar, Rabu (31/7).

Bantuan Pemkot Rp 2 miliar tersebut diperuntukkan kepada 700 Imam Rawatib, lebih 600 guru mengaji dan untuk 650 pengurus/pemandi mayat menjadi jenazah.

"Selain itu, Pemkot juga telah menyiapkan dana hibah bagi 105 mesjid di seluruh wilayah kota Makassar," kata Agar Jaya.

Rencananya, dana tersebut akan disalurkan melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kota.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kota Makassar Kamaruddin Munde, mengatakan, tujuan pemberian bantuan tersebut sebagai wujud perhatian dan silaturahim pemerintah dengan masyarakat khusus pengurus masjid sekaligus sebagai motivasi bagi pengabdi bidang keagamaan untuk lebih meningkatkan semangat kerja.

"Ini telah rutin diberikan tiap tahunnya, seperti tahun lalu ini kita juga menyiapkan dana bagi pengurus jenazah. Ini untuk memotivasi mereka, karena masyarakat banyak mengeluhkan kurangnya tenaga pengurus jenazah hingga tahun ini Wali kota yang meminta langsung untuk dimasukkan. Total dana yang disiapkan lebih dari Rp 2 miliar," kata Kamaruddin.

Jumlah dana yang diterima pengabdi bidang keagamaan bervariasi, pemandi jenazah Rp 1,8 juta, Imam rawatib Rp 750 ribu, dan guru mengaji Rp 750 ribu.

Dana hibah untuk 105 masjid di Makassar, pemkot menyalurkan dana antara Rp 5 juta - Rp 50 juta bagi setiap masjid, sesuai kebutuhan masing-masing masjid.

Agar Jaya mewakili Wali kota meminta agar seluruh penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya. Agar juga berpesan, dana yang diberikan tidak dilihat dari jumlahnya namun dapat diukur dari keikhlasan dan perhatian yang diberikan pemerintah.

"Pak Wali Kota meminta segenap pembina keagamaan ini untuk terus giat melakukan pembinaan dan peningkatan spiritual masyarakat. Kemajuan kota yang telah kita capai selama ini,

harus dibarengi dengan peningkatan kondisi spiritual masyarakat, peranan pembina keagamaan menjadi ujung tombak untuk tetap menjaga mental spiritual masyarakat kita," jelas Agar

Penyerahan bantuan miliaran rupiah Pemkot ini dijadwalkan berlangsung hingga besok. Lokasi penyerahan tetap di Ruang Pola, Kantor Kesra Balaikota dan di pelataran menara kantor Balaikota.

"Semua penerima bantuan diharapkan untuk membawa serta undangan yang telah disebar di seluruh mesjid yang ada di kota ini," tegas Agar Jaya. (*)

Penulis: Ilham
Editor: Suryana Anas
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas