• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Timur

Jalur Mandiri, SPP Kedokteran di Unhas Rp 20 juta

Rabu, 10 Juli 2013 19:25 WITA

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-- Pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin melalui Jalur Mandiri yakni Jalur Non Subsidi (JNS) dan Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan (POSK) dibuka mulai hari Jumat (12/7) hingga Kamis (18/7/2013) secara online.

Untuk jalur POSK, pendaftaran melalui laman www.unhas.ac.id/pmb/index.php/jpmb/posk dan untuk jalur JNS melalui laman www.unhas.ac.id/pmb/index.php/jpmb/jns.

"Tidak ada biaya pendaftaran dan ujian tertulis pada jalur ini, peserta diseleksi berdasarkan nilai SBMPTN 2013 dan bagi peserta yang telah lulus SBMPTN tidak dapat mendaftar kembali,"ungkap Wakil Rektor I Unhas, Prof Dadang Ahmad Suriamiharja, Rabu (10/7/2013).

Program studi yang sering menjadi incaran mahasiswa baru yakni Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat dan Hukum.

Jalur JNS dan POSK merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Namun, tahun ini tak mengenal lagi istilah uang pangkal yang biasanya dibayar mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 150 juta.

"Tahun ini mulai diberlakukan sistem baru yakni Uang Kuliah Tunggal (UKT). Jadi setiap prodi biaya SPPnya berbeda-beda,"tambahnya.

Untuk Program studi (Prodi) Kedokteran yang menjadi favorit calon mahasiswa baru, SPP per semesternya sebesar Rp 20 juta. Prodi Kedokteran Gigi dan Farmasi mencapai Rp 10 juta.

Tiga prodi lainnya yang masuk dalam fakultas kedokteran yakni Ilmu Keperawatan, Fisioterapi dan Psikologi mencapai Rp 6,5 juta per semester. Prodi Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi sebesar Rp 6 juta persemester. Sementara prodi lainnya biaya persemeternya mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 5,5 juta.

"Tapi untuk jalur POSK, pendaftaran tidak untuk Prodi Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Setiap peserta juga hanya berhak memilih satu program studi,"jelas Prof Dadang.

Tahun ini Universitas Negeri Makassar (UNM) juga membuka jalur mandiri yang terbagi ke dalam Mandiri A, Mandiri B dan Mandiri C. Pendaftaran jalur mandiri tahun 2013 dapat dilakukan secara online melalui laman http://pmbm.unm.ac.id hingga 18 Juli mendatang.

Wakil Rektor I UNM, Prof Sofyan Salam mengungkapkan program studi yang paling banyak diminati calon mahasiswa UNM yakni PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi dan Teknologi Informatika dan Komputer.

"Setiap tahun jumlah pendaftar kelima prodi tersebut terus meningkat,"ujarnya.

Sementara, Uang Kuliah Tunggal di UNM juga bervariatif tergantung program studi masing-masing mulai dari Rp 1,75 juta hingga Rp 4,5 juta.

Program yang terfavorit yakni PGSD, Pend. Matematika, Pendi. Biologi mematok biaya SPP per semester sebesar Rp 4 juta. Sementara Pend. Bahasa Inggris sebesar Rp 3 juta. Sedangkan prodi yang mematok biaya per semester paling mahal yakni Teknik Informatika dan Komputer sebesar Rp 4,5 juta. (*)

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
401532 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas