• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Timur

UIN Alauddin Rangking ke-2 Terbanyak Peserta SPMB-PTAIN

Selasa, 25 Juni 2013 21:00 WITA

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-UIN Alauddin Makassar menjadi universitas terbanyak pesertanya pada pelaksanaan ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) kali ini UIN Alauddin menempati  rangking ke-2 terbanyak pesertanya dari 53 perguruan tinggi agama Islam negeri yang mengikuti ujian ini. Yakni dengan jumlah peserta sebanyak  4.115 peserta.

"Alhamdulillah UIN Alauddin menjadi perguruan tinggi terbanyak pesertanya di antara 53 peserta SPMB-PTAIN se-Indonesia," ujar Rektor UIN Alauddin, Prof Dr A Qadir Gassing HT MA, pada jumpa persnya usia memantau pelaksanaan ujian SPMB-PTAIN di Rektorat UIN Alauddin, Samata, Gowa (25/6/2013). Jumpa pers ini dihadiri para Wakil Rektor UIN Alauddin, para dekan, dan para kabiro, dan pejabat lingkup UIN Alauddin.

Jumlah ini hanya berbeda 175 peserta dari IAIN Arraniri Aceh dengan 4.290 peserta yang menjadi universitas terbanyak pesertanya, sedangankan peserta terbanyak ke-3 diraih oleh IAIN Raden Fatah Palembang: 3.576 peserta.

Pelasanaan ujian tulis SPMB-PTAIN digelar selama dua hari yakni Selasa dan Rabu, 25-26 Juni mendatang. Dengan materi ujian untuk hari pertama yakn tes potensi akademi (TPA), tes bidang studi dasar yang meliputi: mata ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Ilmu alamiah Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar, dan juga ada tes wawsan keislaman yakni mata ujian Alquran-Al Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah-akhlak, dan fiqh.  Sedangkan untuk materi ujian hari kedua Rabu (26/6) yakni tes bidang studi IPA terdari atas materi ujian matematika, biologi, kimia, dan fisika. Dan tes bidang studi IPS yakni sejarah, geografi, dan ekonomi. (*)

Penulis: Suryana Anas
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
386252 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas