Minggu, 23 November 2014
Tribun Timur

Uji Mesin Baru, Tangan Buruh Pabrik Gula Arasoe Remuk

Senin, 17 Juni 2013 17:52 WITA

WATAMPONE,TRIBUN-TIMUR.COM-Seorang buruh pabrik gula yang berada di Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Watampone lantaran tangannya remuk tergiling dalam mesin penggilingan tebu, Senin (17/6/2013).

Burhanuddin (47) warga Dusun Laju, Desa Walendreng, Kecamatan Cina, kritis setelah telapak tangan kanannya remuk tergiling dalam mesin penggiling tebu. Burhanuddin dalam keadaan sadar dilarikan ke rumah sakit oleh sejumlah rekan kerja dan atasannya.

Kejadian yang menimpa buruh bagian riset dan pengembangan pabrik gula arasoe ini terjadi saat Burhanuddin sedang mencoba mesin baru penggilingan tebu di ruang kerjanya. Saat itu, korban mengenakan sarung tangan untuk menguji mesin. Ketika mesin sudah beroperasi, sarung tangan korban tersangkut dalam penggilingan sehingga tangan korban ikut tergiling.

Korban yang teriak kesakitan terdengar oleh rekan kerjanya yang juga langsung memadamkan mesin. Korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Salah satu karyawan bagian SDM pabrik gula Arasoe Saiful menjelaskan, kejadian itu murni merupakan kecelakaan kerja karena setiap buruh yang bekerja di dalam telah diberi alat pengaman dalam pekerjaan. Ia menambahkan, semua tanggungan perawatan korban ditanggung oleh perusahaan hingga korban bisa bekerja kembali.

"Tidak usah dipersoalkan dinda. Kami yang menanggung semua biaya pengobatannya," tutur Saiful. (*)
Penulis: Mahyuddin
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas