• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Timur

Seleksi SMA Favorit di Makassar Mulai 6 Juli

Senin, 10 Juni 2013 21:01 WITA
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Pendaftaran siswa baru tingkat SMP dan SMA di Makassar akan dimulai 1 Juli hingga 4 Juli mendatang.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Makassar, Ismunandar mengungkapkan kuota siswa baru untuk SMA negeri sekitar 9 ribu bangku, sementara untuk SMP negeri sekitar 11 ribu.

"Untuk jadwal seleksinya ada dua tahap. Untuk tahap pertama SMA favorit itu pada 6 Juli dan sekolah reguler dan SMK negeri jadwal seleksinya pada 8 Juli. Namun, untuk jadwal SMP masih kami susun,"ungkapnya kepada Tribun, Senin (10/6/13).

Ismunandar menyebutkan daftar SMA yang menjadi favorit siswa-siswa di Makassar yang bakal menyelenggarakan seleksi tahap pertama yakni SMAN 17, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 dan SMAN 5.

Sementara standar nilai untuk mendaftar di sekolah favorit tersebut belum dapat dipastikan karena saat ini, pihak Dinas Pendidikan Kota Makassar masih mengevaluasi hasil Ujian Nasional siswa SMP di Makassar yang akan melanjutkan pendidikan di SMA.

"Kami masih menghitung, berapa jumlah siswa yang mendapatkan nilai 7,5 ke atas untuk menentukan standar nilai mendaftar di sekolah favorit karena kami ingin semua siswa terlayani. Sementara standar nilai sekolah reguler kemungkinan di bawah angka 7,"ujarnya.

Namun, Ismunandar juga mengimbau kepada masyarakat untuk tak hanya mendaftar di sekolah negeri, mengingat kuota yang terbatas. Menurutnya, sekolah swasta juga sudah banyak yang berkualitas.

"Untuk sekolah swasta, mereka punya jadwal seleksi penerimaan siswa baru masing-masing,"ungkapnya.

Ismunandar juga menjelaskan tidak ada biaya dikenakan kepada siswa terkait administrasi. Sementara untuk pembelian seragam dan buku, diberikan kebebasan kepada siswa apakah membeli di sekolah atau di luar sekolah.

"Tidak ada paksaan untuk hal pembelian seragam dan buku. Kalau untuk biaya pembangunan sekolah dan SPP harus dibicarakan dengan komite sekolah dan orang tua siswa. Dengan catatan program dari pihak sekolah harus jelas. sehingga ada transparasi pengelolaan keuangan,"jelas Ismunandar.
Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Imam Wahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
367782 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas