Senin, 24 November 2014
Tribun Timur
Home » News » Politik

Hasil Quick Count: Alex Nurdin Unggul di Palembang

Kamis, 6 Juni 2013 23:42 WITA

PALEMBANG, TRIBUN-TIMUR.COM- Hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan calon gubernur petahana Alex Nurdin sementara unggul. Dalam pemilihan kepala daerah yang digelar, Kamis (6/6/2013), Alex Nurdin maju dengan calon wakil gubernur Ishak Mekki.

Pusat Kajian dan Kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menempatkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin-Ishak Mekki yang menggunakan nomor urut 4 pada Pilkada Sumsel dengan perolehan suara 35,02 persen.

Sementara pasangan lainnya berturut-turut Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) dengan 33,23 persen, kemudian Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1) dengan 17,44 persen, dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) dengan 14,31 persen.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian dan kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid di Palembang, Kamis, mengatakan, mereka mengambil sampel itu dilakukan di 15 kabupaten dan kota di Sumsel. Margin error sekitar satu persen dengan angka partisipasi pemilih diperkirakan 66 persen. Tingkat partisipasi yang tinggi itu ada di empat daerah melaksanakan pilkada bupati dan wakil bupati, yakni Kabupaten Empat Lawang, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Lahat.

Sementara itu, hasil hitung cepat Indobarometer hingga pukul 16.30 WIB juga menempatkan pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki unggul dengan pencapaian suara 35,8 persen. Urutan kedua ditempati pasangan Herman Daru dengan Maphilinda Syahrial sebesar 33,09 persen, sementara urutan ketiga dan keempat masing-masing diraih pasangan nomor 1 Eddy Santana dan Wiwit Tatung 18,55 persen, dan pasangan nomor urut 2 Iskandar Hasab dan Hafiz Tahir 11,57 persen.

Pada pilgub kali ini, terdapat empat pasangan calon yang akan berlaga, yakni Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra yang berpasangan dengan Anisja Djuita Supriyanto alias Wiwiet Tatung (ESP-WIN) pada nomor urut satu. Keduanya diusung empat partai koalisi, yaitu PDI Perjuangan, Barnas, PKPB, dan PNI Marhaen.

Pasangan nomor urut dua yakni mantan Kapolda Sumsel Iskandar Hasan dengan adik kandung Menko Perekonomian Hatta Rajasa, yaitu Hafisz Tohir. Pasangan ini diusung koalisi tiga partai, yakni PKS, PAN, dan PBR.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, yakni Bupati OKU Timur Herman Deru, berpasangan dengan istri mantan Gubenur Sumsel Syarial Oesman, yaitu Maphilinda Boer (DerMa). Pasangan ini diusung Partai Gerindra, Hanura, PPP, PKB, dan 20-an partai gurem lainnya.

Terakhir pasangan nomor urut empat yakni calon petahana Alex Noerdin yang berdampingan dengan Bupati OKI Ishak Mekki, di mana pasangan ini didukung Partai Golkar, Demokrat, PBB, dan PDS. (*)
Editor: Muh. Taufik
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas