• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Timur

UMI Gelar Zikir Pemindahan Tempat Pendaftaran Maba

Senin, 27 Mei 2013 13:34 WITA
Makassar, Tribun -Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan zikir bersama mengawali pemindahan tempat pendaftaran mahassiswa baru tahun akademik 2013/2014 di Lantai Dasar Menara UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (27/5) pagi tadi. Zikir bersama ini dihadiri oleh Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA, Ketua Yayasan Wakaf UMI Mokhtar Noer Jaya, dan beberapa pejabat UMI. Sebelumnya, pendaftaran penerimaan maba UMI dilaksanakan di Auditorium Al Jibra, kampus 2 UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar.
"Untuk tahun ini kita menerima 4.500 mahasiswa," ujar Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA.

Proses pendaftaran mahasiswa baru di UMI dilakukan melalui dua tahap yakni Seleksi Ujian Masuk diselenggarakan dalam bentuk ujian tertulis dan wawancara, sedangkan jalur kedua adalah jalur Bebas Ujian Tertulis dan Biaya Pendaftaran (kecuali fakultas kedokteran).

Sedangkan untuk jalur bebas tes ditujukan bagi siswa yang meraih rangking sekolah 10 besar Ujian Nasional 2013.  Jalur bebas tes ini juga untuk calon mahasiswa baru yang menghafal Alquran minimal 10 Juz yang dibuktikan dengan serifikat atau surat Keterangan dari Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI.

"Selain itu, juga untuk siswa yang berppreatsi dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan, olahraga atau seni baik pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau tingkat nasional yang dibuktikan dengan surat keterangan/piagam dari pejabat terkait," tambahnya.

Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)  SPMB ini dilakukan secara tertulis yang bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada calon mahasiswa untuk mengikuti pendidikan di UMI.

Pendaftaran mahasiswa baru di UMI untuk ujian tulis sudah dimulai 2 Mei hingga 2 Juli mendatang. Pendaftaran dilakukan di Panitia Penrimaan Maba di Menara Rektorat UMI Jl Urip Sumoharjo, Makassar (samping RS Ibnu Sina UMI). Biaya pendaftaan untuk kelompok IPS sebesar Rp 200 ribu sedangkan untuk kelompok IPA dan IPC sebesar Rp 250 ribu.

Masrurah mengatakan, UMI bisa saja menerima mahasiswa baru lebih dari 4 ribu mahasiswa namun yang diutamakan adalah kualitas. "Tentu kita berharap 4 ribu mahasiswa ini betul-betul dapat memberikan eksistensi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah," tambah Masrurah. (*)
Penulis: Suryana Anas
Editor: Ina Maharani
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas