• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribun Timur

Berkas Caleg 12 Parpol Belum Penuhi Persyaratan Administasi

Senin, 20 Mei 2013 19:58 WITA
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan mengumumkan tak satupun berkas bacaleg dari 12 partai politik yang memenuhi persyaratan administrasi.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil tahapan verifikasi perbaikan administrasi 1020 bacaleg yang dilakukan KPU beberapa waktu lalu.

"Rata-rata 12 parpol belum melengkapi berkas bacalegnya meski sudah mengembalikan perbaikan," kata Juru bicara KPU Sulsel Asrar Marlang, Senin (20/5/2013).

Asrar menjelaskan, adapun beberapa kekurangan yang belum dipenuhi para caleg. Antara lain, seperti legalisir ijazah atau kopiannya serta sejumlah persyaratan lainnya.

Meski dinilai kekurangan tersebut hanya bersifat administratif. Namun hal itu bisa berdampak negatif yaitu bisa menggurkan jika apa yang menjadi persyaratan tak kunjung dipenuhi oleh partai masing-masing.

"Semua persyaratan memungkin bisa menggugurkan caleg jika hal tersebut tetap diindahka atau tidak dilengkapi," katanya.

Adapun beberapa parpol yang belum menyetorkan perbaikan berkas administrasi bacalegnya. Seperti Partai Keadilan Sejakterak (PKS).

Menurut Asrar, berdasarkan hasil verifikasi perbaikan yang dilakukam KPU, hanya PKS yang belum melengkapi kekurangan daftar calegnya ditiga dapil.

"Kami juga belum tahu kenapa sampai hari ini mereka belum menyetorkan berkas perbaikan bacalegnya di tiga dapil tersebut," terang Asrar tanpa merinci secara jelas tiga dapil yang dimaksud.

Tetapi meski 11 Parpol lainnya seperti Golkar dan sebagainya telah menyerahkan dokumen perbaikan. Namun masih ada saja beberapa pesyaratan administasi yang tak dilengkapi.

Sehingga KPU mengimbau kepada seluruh parpol untuk segera melengkapi apa yang menjadi kekurangan di KPU Sulsel.

Alasannya, karena hal itu bisa berdampak atau menimbulkan banyaknya bacaleg yang tidak diloloskan.

"Jadi hal ini harus menjadi perhatian khusus untuk ditindaklanjuti," terangnya.

Diketahui, tahapan proses perbaikan administasi bekas caleg dimulai sejak 9-22 Mei mendatang.

Menanggapi perihal jika salah satu dapil tidak memenuhi kuota perempuan sebanyak 30 persen. Kata Humas KPU Sulsel hal itu bisa berdampak buruk bagi partai.

Pasalnya, bisa saja semua bacaleg yang ada didapil tersebut digugurkan jika kouta perempuan tidak lengkap.

Seperti, misalnya di Makassar I untuk partai Demokrat yakni Muhyina Muin yang saat ini lebih fokus di pilkada Makassar.

Dalam artinya, jika Muhyina dikemudian hari lolos sebagai Wali Kota dan juga lolos sebagai caleg provinsi. Maka yang bersangkutan harus memili salah satunya.

Dan jika Muhyina lebih memiliki posisinya sebagai wali kota, maka secara otomatis kuota perempuan di dapilnya tidak terpenuhi.

"Sehingga bacaleg yang berada didapilnya bisa digugurkan. Karena alasan kuota tersebut," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPD Partai Golkar Andry Arief Bulu yang dikonfirmasi membantah perihal tersebut.

"Ah, tidak ada aturan seperti itu bahwa jika salah satu dapil tidak terpenuhi kouta perempaun maka caleg lainnya akan digugurkan," kata Andry.

Legislator Sulsel ini menjelaskan, jika bacalegnya sudah ditetapkan dalam DCT, maka KPU tidak lagi memiliki kewenangan untuk merubahnya apalagi sampai menggugurkan.

"Biar calegnya meninggal. Tapi jika sudah dalam DCT. Namanya tetap dihitung. Jadi keliru KPU jika mengeluarkan pernyataan tersebut," katanya.

Sementara menanggapi perihal jika masih ada berkas calegnya yang belum lengkap.

Andry pun mengakui hal tersebut. "Namun dalam waktu dekat semuanya akan segera dituntaskan perbaikannya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan juru bicara Golkar Sulsel Maqbul Halim.

Kepada Tribun, ia membenarkan jika masih ada beberapa kekurang yang dipenuhi oleh partianya. Termasuk sejumlah kopian dan legalistis ijazah bacaleg Golkar.

"Tapi, itu kami anggap permasalah kecil dan semua kekurangannya akan kita penuhi dalam waktu dekat ini," ujar Maqbul. (*)
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
348602 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas