• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 30 September 2014
Tribun Timur

Ponpes Syiar Islam Sinjai Rambah Ranah Jurnalistik

Sabtu, 11 Mei 2013 13:52 WITA
Muh. Ramli
Warga Ponpes Syiar Islam
Melaporkan dari Sinjai

DUNIA tulis menulis bukan lagi hanya milik para sastrawan atau pun sarjana dengan latar belakang sastra. Dunia jurnalistik kini, telah diminati oleh sebagian besar masyarakat, baik itu pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

Itu terbukti dengan banyaknya karya-karya dari seorang penulis yang bukan dari latar belakang pendidikan sastra. Salah satu cara untuk menumbuhkan minat dan bakat dalam ranah jurnalistik adalah melakukan pelatihan jurnalistik ataupun seminar jurnalistik dengan mengdatangkan nara sumber yang tahu tentang seluk beluk jurnalistik.

Hal itu pulalah yang di terapkan oleh Pondok Pesantren Syiar Islam yang berlokasi di Sinjai Timur (Batu Lappa), dengan mengadakan kegiatan Seminar Nasional Jurnalistik pada akhir bulan lalu, dengan mengdatangkan penulis nasional, yakni Sakti Wibowo, penulis script dan skenario film Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta dan Dari Sujud Ke Sujud yang diadaptasi dari karya novelis muda Habiburrahman El-Shirazy.

Efek dari seminar Nasional Jurnalistik tersebut Ponpes Syiar Islam, telah mengaplikasikan ilmu dari mas Sakti wibowo dalam bentuk pengadaan kelompok santri yang bergerak dalam ranah jurnalistik, seperti kelompok "Tauladan Jurnalistik dan Mata Pena Jurnalistik Muallim II".

Kelompok jurnalistik tersebut mengepakkan sayap kreatifitasnya dalam bentuk penyebaran buletin di seantero pondok pesantren.  "Buletin tersebut berbeda dengan buletin pada umumnya," kata kordinator Mata Pena Jurnalistik Muallim II, Abd Halim.

"Buletin tersebut memiliki empat rubrik yang berbeda dan sesuai dengan need assasment dari seluruh ruang lingkup pesantren, guru-guru dan para santri. Dalam buletin ini terbagi atas rubrik tentang pengembangan ponpes, kajian Islam, kreatifitas santri dan rubrik motivasi," tambah Halim.
Editor: Imam Wahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
339332 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas