• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Timur

Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan

Rabu, 24 April 2013 23:14 WITA
Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan
ist
Fitri Handayani,
Laporan: Fitri Handayani,  dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM -- DPD Pesatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Sulawesi Selatan menggelar seminar nasional pada Rabu/24 April 2013 di Hotel Sahid Makassar. Seminar yang dibuka oleh Dr.dr.H.Rachmat Latief, SpPD., M.Kes. selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan ini mengangkat tema “Pencegahan Masalah Gizi Ganda pada 1000 Hari Pertama Kehidupan”.

Data Riseksdas tahun 2007 menunukkan bahwa sekitar 18.4% balita mengalami gizi kurang, 36.8% pendek dan 13.6% kurus. Sedangkan di Sulawesi Selatan jumlah balita yang menderita kekurangan gizi tidak jauh berbeda dengan rata-rata Nasional, yaitu masing-masing 17.6%, 29.1% dan 13.7%. Meskipun data tersebut di atas sudah dibawah target Rencana Pembangunan Jangka Menengah untuk pencapaian program perbaikan gizi (20.0%) dan target Millenium Development Goals sebesar 18,5% pada 2015, akan tetapi dari aspek jumlah balita, kondisi tersebut masih sangat mengkhawatirkan.

Dituturkan oleh Prof. DR. A. Razak Taha (guru besar unhas) dalam materi Konsep dasar program Scaling up Nutrition/1000 hari pertama kehidupan bahwa “Scalling Up Nutrition (SUN) Movement  merupakan upaya global dari berbagai negara dalam rangka memperkuat komitmen dan rencana aksi percepatan perbaikan gizi, khususnya penanganan gizi sejak 1000 hari dari masa kelahiran hingga anak usia 2 tahun.”

Seminar sehari ini juga menghadirkan Ibu Astati Made Amin, S.SiT, M.Kes (Kepala Seksi Gizi Dinkes Prop. Sulsel), Mewakili pemerintah dalam menyukseskan program 1000 hari pertama kehidupan. Aswita Amir, DCN, M.Si (Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Makassar), yang menyampaikan tentang ASI Eksklusif untuk anak sehat, cerdas dan shaleh. Serta Hj. Sri’ah Al Harini, SKM, M.Kes (Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Makassar), Memaparkan dan mendemokan menu Gizi seimbang.

Dihadiri oleh sekitar 300-an peserta dengan latar belakang petugas gizi puskesmas, petugas gizi rumah sakit, Dosen dan mahasiswa. Dalam seminar ini didapati bahwa sangat dibutuhkan untuk mengulas lebih jauh konsep Scaling up Nutrition (SUN) sebagai salah satu gerakan baru percepatan penuntasan masalah gizi di Indonesia dan diharapkan para pegiat gizi paham dan mampu mengaplikasikan di lapangan.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ina Maharani
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas