A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Pospeda, Ajang Refresh Bagi Santri - Tribun Timur
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Timur

Pospeda, Ajang Refresh Bagi Santri

Senin, 15 April 2013 15:43 WITA
Muh. Tonang,
Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel

MALAKAJI,TRIBUN-TIMUR.COM- Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospeda) tingkat Kab. Gowa (10-12 April) yang digelar di desa Datara, Kec. Tompobulu Kab. Gowa bukan hanya sebagai seleksi persiapan Pospeda tingkat Provinsi yang rencananya diadakan bulan Mei 2013. Kegiatan ini bukan juga sebagai ajang untuk menunjukkan kualitas para santri dalam bidang seni dan olahraga semata. Namun, Pospeda merupakan ajang bagi santri untuk refreshing.

Pernyataan diatas bukan tanpa alasan, selama ini santri pondok pesantren harus tinggal di pondok pesantren dan jauh dari keluarga dan kerabat, sehingga kerinduan para santri pada suasana santai terjawab di kegiatan pospeda ini. Untuk bertemu orang tua dan keluarga, mereka hanya punya waktu tertentu. Di pondok pesantren, mereka harus belajar dan mungkin saja tidak mempunyai waktu yang banyak untuk melakukan hal yang seluruhnya untuk kesenangan mereka
Dari pantauan langsung di lapangan, tampaknya para santri sangat menikmati event yang diadakan setiap tiga tahun sekali ini. Untuk sementara, tidak ada tugas dari pengasuh pondok yang harus diselesaiakan, selama tiga hari mereka merasa bebas berkreasi yang tentunya tetap mengindahkan aturan panitia pospeda. Kalah ataupun menang dalam perlobaan bukan tujuan utama. Yang terlihat adalah suasana saling berbaur antara pondok pesantren.

Salah satu contoh terlihat pada saat pertandingan futsal. Meski diguyur hujan yang menyebabkan lapangan menjadi becek dan berlumpur, para santri tetap semangat dan malah sangat senang dengan suasana tersebut. Mereka membiarkan baju mereka terkena lumpur, bahkan ada pula yang seluruh badan tertutup lumpur. Para supporter mereka terbahak-bahak karena tidak satupun pemain yang dapat mengontrol bola dengan baik karena lapangan serta bola telah bercampur dengan lumpur. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Muh. Taufik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
313152 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas