Sabtu, 29 November 2014
Tribun Timur

Marfografi Pastikan Foto Ular di Bantimurung Hoax

Rabu, 3 April 2013 19:11 WITA

Marfografi Pastikan Foto Ular di Bantimurung Hoax
mute/tribun-timur.com
inilah foto ular berkepala tujuh yang issunya ada di Bantimurung. Foto ular berkepala tujuh itu sudah diolah digital dari foto ular berkepala 1 menjadi 3, 7, 8 bahkan 10. Olah digital ini dapat dilakukan dalam aplikasi pengolah gambar Photoshop, yakni teknik kloning.
MAROS, TRIBUN-TIMUR.COM-Ketua Harian Maros Fotografi dan Film (Marfografi) Ilham Halimsyah memastikan issu ular berkepala tujuh yang berkeliaran di Wisata Alam Bantimurung adalah hoax. Foto ular berkepala tujuh yang beredar hanyalah foto rekaan.

Menurut penggiat blogger Maros ini, berdasar penelurusan gambar di Google, terdapat sekitar 400 laman web yang pernah menayangkan foto serupa. Foto ular berkepala tujuh itu sudah beredar sejak beberapa tahun lalu di banyak blog, versi pertamanya adalah ular berkepala tiga yang konon muncul di India. "Padahal itu foto olah digital dari foto ular berkepala 1 menjadi 3, 7, 8 bahkan 10. Olah digital ini dapat dilakukan hanya dengan teknik sederhana dalam aplikasi pengolah gambar Photoshop, yakni teknik kloning," ujarnya, Rabu (3/4/2013).

Ayah beranak dua ini menambahkan hal-hal aneh dan dianggap heboh memang mudah ditemukan di internet. Foto atau gambar aneh dan heboh itu kemudian berpindah dari satu laman web ke banyak laman web lainnya. Apalagi sejak BBM tren, foto atau gambar aneh dan heboh di internet kemudian diedar kembali di BBM. Lengkap dengan komentar orang yang mengunggahnya. Maka jadilah issu yang terus berkembang tanpa diketahui kebenarannya.
Penulis: Mutmainnah
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas