• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Timur

40 Mahasiswa PPs UIM ke Malaysia

Jumat, 29 Maret 2013 23:26 WITA
Suardi Bakri
Mahasiswa PPs UIM
Melaporkan dari Kuala Lumpur


TRIBUN-TIMUR.COM -
Sebanyak 40 mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya pada Program Pascasarjana Universitas Islam Makassar melakukan kunjungan akademik ke tiga negara, masing-masing Malaysia, Thailand dan Singapura.

Program ini merupakan program tahunan untuk memberikan pengalaman umum maupun akademik bagai mahasiswa tingkat akhir yang yang sedang menulis proposal atau sedang menulis pemelitian.

Tahun ini kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 26 Maret hingga 1 April 2013. Saat berita ini diitulis, rombongan yang dipimpin langsung oleh Pembantu Rektor I, Dr. Ir. Musdalipa, MSi, Direktur, Dr. Ir. Abd. Kadir Bunga, MP dan Asisten Direktur Pascasarajana tengah berada di Kuala Lumpur, setelah menyelesaikan kunjungannya ke Thailand dan Propinsi Kedah. Di Thailand, rombongan mengunjugi Propinsi Songklah, salah satu propinsi penghasil padi dan buah-buahan di Selatan thailand.

Di Propinsi ini, khususnya di District Hat Yai rombongan mengunjugi Pusat penjualan dan mengolaham Madu. Rombongan mengikuti presentase produk-produk olahan Madu, diantaranya polem dan sabun madu.

Di Kedah, mahasiswa pasca sarjana dari kampus yang dipimpin Isteri Wagub, Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, MSi ini mengunjugi museum padi. Di sini rombongan melihat perkembangan penemuan varietas padi di Malaysia, transformasi teknologi pertanian dan visualisasi suasana desa pertanian dalam layar 3 dimensi.

Selain kunjungan ke tempat-tempat tersebut kunjungan juga dilakukan di tempat pengolahan, pengemasan dan show room coklat. Berbagai jenis produk olahan coklat yang sdh di mixed dengan komoditi lainnya dipamerkan di sini.

Besok, rombogan akan berangkat ke Johor. Di Wilayah pesisir Malaysia yang dikenak banyak pendatang dari Bugis ini, rombongan akan mengunjugi salah satu koperasi pertanian. Di Malaysia dikenal sistem pertanian dilakukan secara berkelompok, lahan-lahan milik individu digabung dan dikelola secara kelompok.
Setelah kunjungan di Johor, kunjungan terakhir dilakukan di Singapura sebelum bertolak kembali ke Makassar pada 1 April 2014 .
Penulis: CitizenReporter
Editor: Mansur AM
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
295371 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas