Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Timur

2013, 28 Kebakaran di Makassar

Selasa, 19 Maret 2013 18:04 WITA

2013, 28 Kebakaran di Makassar
ilustrasi Kebakaran
MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM -- Sejak Januari hingga Maret 2013, sebanyak 28 peristiwa kebakaran terjadi di Kota Makassar.

Insiden itu, penyebabnya cukup beragam mulai dari korsleting listrik, tabung gas yang bocor dan meledak hingga keteledoran pemilik rumah membuang puntung rokoknya di sebarang tempat.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Imran Samad, mengatakan bahwa, penyebab kebakaran itu masih didominasi adanya hubungan arus listrik pendek.

Namun, penyebab lain seperti ledakan tabung gas, puntung rokok, lilin, obat nyamuk dan sisah pembakaran sampah pun masih ada.

"Untuk tahun ini jumlah kebakaran di Makassar sudah sebanyak 28 kasus," katanya, Selasa (19/03). Dikatakannya kasus kebakaran ini menurun dibanding kebakaran yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. (Lihat Grafis Kebakaran).

Adik kandung Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini, mengatakan bahwa untuk tahun 2011 kasus kebakaran itu sebanyak 163 kasus kebakaran dan tahun 2012 sebanyak 144 kasus dan penyebabnya sekitar 75 persen akibat hubungan arus pendek listrik." Solusinya agar tidak terjadi kebakaran adalah selalu memperhatikan listrik," ungkapnya.

Saat ditanyakan maraknya kasus kebakaran disebabkan korsleting listrik tidak lepas dari kurangnya sosialisasi oleh pihak PLN. Imran tak menapiknya dan menduga pihak PLN kurang maksimal dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat." Iya, ini diakibatkan kurangnya kurang sosialisasi dari pihak PLN," ungkapnya.
Penulis: Abdul Azis
Editor: Ina Maharani

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas