Lahan Sawah Produktif di Maros Dijadikan Perumahan

Banyaknya pengembang yang membangun perumahan di Maros

MAROS,TRIBUN-TIMUR.COM-Banyaknya pengembang yang membangun perumahan di Maros membuat sawah tergerus oleh pembangunan perumahan tersebut. Tercatat tahun lalu, sawah yang sudah beralih fungsi menjadi lahan perumahan seluas 170 hektar. Diantaranya 52 hektar sawah tadah hujan, 7,97 hektar lahan sawah produktif dan 110 hektar lahan kering seperti lahan tambang.

Namun hal ini ditepis Kepala Seksi Sarana Dinas Pertanahan, Andi Yuniarti. Ia mengatakan sawah yang sudah beralih fungsi kebanyakan sawah tidak produktif. Sawah yang dijadikan perumahaan, kata dia, memang sudah ditetapkan sebagai daerah pertanian. Seperti di daerah Kecamatan Moncongloe memang telah dijadikan daerah perumahan karena disana sawah kurang produktif.

"Tidak mungkin diberikan izin untuk mendirikan perumahan bila sawah tersebut masih produktif. Sebab sebelum sawah dijadikan perumahan kami akan berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk ijinnya. Kalau pun ada, hanya sedikit dan tidak akan berpengaruh terhadap hasil pertanian," jelasnya, Jumat (15/3/2013).

Penulis: Mutmainnah
Editor: Muh. Taufik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved