Senin, 22 Desember 2014
Tribun Timur

Ratusan Murid SD Bone Disiapkan Ikuti Lomba OSN

Selasa, 5 Maret 2013 16:42 WITA

Watampone, Tribun--Ratusan murid sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bone, mengikuti lomba Olympiade Sains Nasional (OSN) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), di SDN 24 Macanang, Kabupaten Bone, Selasa (5/3). Program nasional yang digelar setahun sekali ini untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan OSN berkarakter dan mengetahui minat dan bakat peserta didik tentang sains.

"Ratusan murid peserta OSN Matematika - IPA (MIPA) tingkat kabupaten ini merupakan murid yang berbakat dan cerdas dengan perhitungan kriteria nilai raport klas III sampai kelas V minimal 7,5 untuk mata pelajaran MIPA," kata Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bone M Rahim

Ia menjelaskan, sebelum mengikuti lomba OSN MIPA tingkat kabupaten, para peserta terlebih dahulu mengikuti OSN MIPA tingkat sekolah lalu OSN MIPA tingkat kecamatan untuk mewakili kecamatannya masing-masing. Rahim menambahkan, untuk menentukan juara I dan II pada mata pelajaran Matematika dan IPA, penentuannya melalui seleksi dengan test tertulis di kecamatan dan yang meraih juara I hingga III akan mewakili kabupaten.

"Setiap kecamatan diwakili empat orang siswa yang termasuk kategori cerdas . Dua orang mewakili lomba OSN Matematika dan du orang mewakili lomba OSN IPA," jelas Rahim.

Konsultan MIPA Diknas Provinsi Sulsel Jalaluddin Mulbar, yang juga tim juri OSN MIPA memaparkan, OSN tingkat provinsi akan dilaksanakan pada 8 April untuk SD dan pelaksanaan OSN SMP tingkat kabupaten dilaksanakan 9 Maret. Adapun tingkat provinsi dilaksanakan 13 April, untuk mencari siswa yang cerdas dan berprestasi.

"Bagi siswa yang juara pada tingkat provinsi dan nasional akan ada lembaga yang langsung menerima orang-orang yang cerdas dan berprestasi. Mereka akan dibiayai sampai selesai perguruan tinggi. Seperti Yayasan Kalla Group lewat Athirah School," ungkap Jalaluddin.
Penulis: Mahyuddin
Editor: Ina Maharani

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas