Sabtu, 20 Desember 2014
Tribun Timur

Mau Jadi Anggota KPU? Ini Syaratnya

Minggu, 24 Februari 2013 17:49 WITA

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM- Tim seleksi  anggota KPU Sulsel merumuskan beberapa persyaratan untuk mendaftar sebagai anggota KPU Sulsel. Beberapa persyartan itu bersifat administratif dan personal sesuai dengan petunjuk KPU Pusat.

Beberapa syarat yang diharuskan diantaranya, usia minimal 30 tahun, memiliki pengetahuan dan keahlian dalam penyelenggaraan pemilu, pendidikan minimal strata satu (S1), berdomisili di Sulsel, tidak pernah menjadi pengurus parpol atau telah mengundurkan diri sejak lima tahun terakhir.

"Untuk syarat pengurus parpol ini, itu harus dibuktikan dengan bukti ril. Selain syarat itu, sesuai dengan aturan juga masih ada syarat lainnya yakni bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, pemerintahan, BUMN atau BUMD jika dia menjabat. Tidak pernah dipidan penjara berdasarkan putusan pengadilan dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara," kata Adi Suryadi Culla, Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Sulsel, Minggu (24/2/2013).

Persyaratan tersebut hampir sama dengan persyaratan calon anggota KPU sebelumnya. Namun, berdasarkan aturan terbaru, calon anggota KPU juga tidak dibenarkan memiliki hubungan perkawinan dengan komisioner atau kelompok penyelenggara pemilu lainnya. "Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, itu merupakan aturan terbaru. Ini menandakan di tubuh KPU keputusan nantinya terpengaruh oleh hubungan emosional," beber Adi.

Dia berharap, anggota KPU Sulsel yang dihasilkan oleh timsel saat ini merupakan anggota KPU terbaik. Sehingga, dia menginginkan seluruh komisioner KPU dapat berpikir dan meluangkan waktu secara full untuk memikirkan KPU."Makanya ada aturan atau persyaratan juga, tidak menduduki jabatan politik. Syarat ini kita harapkan dapat mengikat anggota KPU untuk berpikir dan bekerja penuh,"pungkas Adi.
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas