Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Timur

Taruna AMI Dapat Ikatan Dinas di Pelni

Kamis, 7 Februari 2013 20:19 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Kabar gembira diterima Taruna Akademi Maritim (AMI) Veteran Indonesia Makassar. Pihak kampus AMI Veteran baru saja menandatangani Memory of Agreement (MoA) dengan PT (Persero) Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Taruna AMI Veteran bakal mendapatkan ikatan dinas dengan PT Pelni mulai tahun 2013 ini dengan ditekennya kerja sama kedua institusi di Kampus AMI Veteran, Jl Nuri Baru No 1 Makassar, Rabu (6/2) kemarin.

“Kerja sama ini ditujukan bagi taruna yang berprestasi, Jadi kami (PT Pelni) akan memberikan ikatan dinas bagi taruna-taruna yang lulus dalam seleksi,” kata Manager Operational PT Pelni Capt Daniel E Bangonan.

Kedatangan Daniel didampingi Corporate Secretary Capt Robert I Mandagie, Direktur SDM I Gusti Ngurah Rai, General Manager PT Pelni Makassar Capt Kunto, dan Manager Armada Pelni Makassar A Prasetyanto.

Selain memberikan ikatan dinas, perusahaan milik negara yang bergerak dalam angkutan laut tersebut juga memberikan beasiswa untuk pendidikan taruna. Beasiswa yang diberi nama Bea Taruna tersebut hanya diberikan bagi taruna yang lolos program ikatan dinas.

Direktur AMI Veteran Arifin HA Madjid MT, menjelaskan jika lulus program ikatan dinas, untuk taruna yang masih menjalani pendidikan sejak semester dua, maka mendapatkan ikatan dinas selama lima tahun.

“Sedangkan bagi taruna yang sudah masuk tahap praktik laut (Prala), mereka bakal diberikan ikatan dinas selama tiga tahun. Jadi mahasiswa ditanggung biaya kuliahnya oleh PT Pelni,” kata Arifin.(*)

Syarat ikatan dinas:
* WNI dan berkelakuan baik
* Usia maksimum 23 saat masuk taruna
* Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama ikatan dinas
* Tinggi badan 160 pria dan 155 wanita
* Tidak berkacamata
* Tidak buta warna
* Pas foto 4x6 2 lembar
* Memiliki hasil evaluasi pendidikan kategori baik
* Tidak menerima beasiswa dari sumber lain
* Bersedia mematuhi aturan bagi lulus ikatan dinas
Penulis: Arifuddin Usman
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas