Senin, 22 Desember 2014
Tribun Timur
Home » News » Politik

Enam Lembaga Survei Lakukan Hitung Cepat

Kamis, 17 Januari 2013 08:36 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Sedikitnya enam lembaga dari konsultan politik dan lembaga survei mengkonfirmasikan akan menggelar hitung cepat (quick count) pada hari pemilihan Kepala Daerah Provinsi (Pilgub) Sulsel, Selasa (22/1/13) mendatang.

Konfirmasi terpisah itu dilakukan Tribun, Rabu (16/1/13), atau enam hari menjelang hari H, pencoblosan pilgub. Lembaga yang menggelar hitung cepat ini sudah berpengalaman di momen politik lokal baik secara regional dan nasional.

Lembaga itu adalah Script Intermedia, Insert Institute, Celebes Research Center (CRC), Adhyaksa Supporting House (ASHO), Jaringan Suara Indonesia (JSI), PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI), dan Peoples Quick Count (Inquire Institute). Konfirmasi itu juga datang dari Jaringan Survei Indonesia (JSI).

Direktur Program dan Pemenangan JSI, Popon Lingga Geni, menjelaskan, hasil penghitungan cepat sudah bisa diketahui dua-tiga jam setelah tempat pemungutan suara (TPS) ditutup.

"Dua sampai tiga jam setelah TPS ditutup pemenang Pilgub Sulsel sudah bisa diketahui," jelas Popon. Hasil quick count JSI tersebut rencananya disiarkan langsung melalui salah satu stasiun televisi lokal.

Penghitungan cepat ini mengambil sampel di 330 TPS se-Sulsel dengan tingkat margin error satu persen. Selain Sulsel, sebelumnya JSI juga sukses melakukan quick count hasil Pilgub Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Bengkulu belum lama ini.

Pada Pilgub Sultra selisih absolut tak sampai satu persen dengan pengumuman hasil oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).
Editor: Imam Wahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas