TribunTimur/

Otonomi Daerah

Hari ini,Mamuju Tengah Disahkan Jadi Kabupaten Baru

Tujuh Kabupaten baru dijadwalkan disahkan dalam rapat paripurna terakhir masa persidangan

JAKARTA,TRIBUN-TIMUR.COM -  Tujuh Kabupaten baru dijadwalkan disahkan dalam rapat paripurna terakhir masa persidangan dua DPR Tahun Sidang 2012-2013, yang akan digelar hari Jumat (14/12/2012) ini.

Tujuh kabupaten baru itu sebelumnya disetujui untuk dibentuk dalam rapat pleno Komisi II DPR dengan pemerintah yang diwakili Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Kamis malam.

Tujuh daerah baru itu antara lain Kabupaten Mahakam Ulu (Kalimantan Timur), Penukal Abab Lematang Ilir (Sumatera Selatan), Malaka (Nusa Tenggara Timur), Pulau Taliabu (Maluku Utara), Mamuju Tengah (Sulawesi Barat), Banggai Laut (Sulawesi Tengah), dan Kolaka Timur (Sulawesi Tenggara).

"Setelah disetujui pada pembahasan tingkat satu, tujuh calon DOB (daerah otonom baru) ini akan kami bawa ke paripurna tanggal 14 Desember untuk disahkan," kata Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar Sudarsa.

Dengan demikian, jumlah DOB yang lahir tahun ini sebanyak 12 DOB. Pada masa persidangan sebelumnya, DPR dan pemerintah mengesahkan lima DOB. Saat itu, DOB terdiri atas satu provinsi yakni Kalimantan Utara, serta empat kabupaten, yakni Pangandaran (Jawa Barat), Pesisir Barat (Lampung), Pegunungan Arfak, dan Manokwari Selatan (Papua Barat).

Editor: Muh. Taufik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help