Senin, 22 Desember 2014
Tribun Timur

PLN Tingkatkan Kompetensi Anak Melalui Upgrading Guru SMK

Senin, 3 Desember 2012 17:02 WITA


Moh . Yamin Loleh
DM Hukum & Komunikasi PT PLN Sulselrabar
Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM-Pada hari Senin (03/12) bertempat di aula PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar di Makassar berlangsung acara Launching Peningkatan Kompetensi Anak Bangsa Melalui Upgrading Guru SMK. Selain dihadiri 50 peserta guru SMK dari Sulsel, Sultra dan Sulbar, juga hadir dalam acara tersebut Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili Asisten III bidang Kesejahteraan rakyat Drs.H.Amang Nasir, Kepala Divisi SDM & Talenta PLN Kantor Pusat Roikhan, Direktur Pam Obvit Polda Sulsel KombesPol.Drs.Anthoni Hutabarat serta GM PLN Wilayah Sulselrabar beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Kadiv SDM&Talenta PLN Bpk. Roikhan menyatakan bahwa PLN menargetkan 1000 guru se-Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Kegiatan ini didasari dari realitas selama proses rekrutmen PLN dimana tampak kesenjangan kompetensi yang terjadi antara siswa lulusan SMK dan SMU. Hal lain juga yang turut mendasari PLN untuk melakukanUpgrading Guru SMK juga karena dari ribuan peserta yang mengikuti tes rekrutmen PLN, 58% gugur pada tahap tes kesehatan. Hal terserbut terjadi karena kondisi peserta banyak yang tidak prima. Dari analisa hal tersebut disebabkan karena pola makan yang tidak sehat serta kurangnya berolahraga.

Sebagaimana diketahui sekarang ini banyak makanan instant yang beberapa diantaranya justru sulit dicerna dan mengandung banyak zat adiktif, serta perkembangan teknologi internet beserta gadgetnya menyebabkan para pemuda semakin jarang bergerak untuk berolahraga fisik.

Dengan melakukan pendidikan dan latihan tambahan kepada para guru SMK, diharapkan kesenjangan keilmuan dapat semakin diminalisir serta pesan bagi para anak didik bisa disampaikan secara berkelanjutan.

Roikhan juga berpesan agar para peserta dan anak didik bisa lebih meningkatkan kerja sama dan berkemauan untuk berbagi ilmu. Karena berbeda dengan benda, hal yang tidak akan pernah habis bila dibagikan adalah ilmu. Bahkan dengan dibagikan maka akan terus berkembang.

Launching Peningkatan Kompetensi Anak Bangsa Melalui Upgrading Guru SMK ditandai dengan pemberian dan pemasangan jaket secara simbolis dari Kadiv SDM&Talenta PLN, Asisten III Pemprov Sulsel dan DirPamObvit Polda Sulsel kepada perwakilan Guru dari Sulsel, Sultra dan Sulbar.

Selanjutnya para guru peserta upgrading akan menjalani masa pendidikan dan pelatihan secara intensif di PLN Udiklat Makassar di Mawang selama 2 minggu. Beberapa materi yang juga akan didapatkan para peserta juga terkait proses bisnis PLN dan ketenagalistrikan seperti; sistem ketenagalistrikan, listrik prabayar, listrik swasta, operasi dan pemeliharaan, K3 (keselamatan dan kesehatan ketenagalistrikan), alat pengukur dan pembatas (APP), tegangan menengah, trafom jaringan tegangan rendah, jaringan tegangan menengah, dan lainnya, serta melakukan kunjungan instalasi ke pusat-pusat/pembangkit listrik serta kantor-kantor pelayanan PLN yang sudah bertransformasi. (*)
Penulis: CitizenReporter
Editor: Muh. Taufik

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas