• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Timur

Kenapa Indonesia Selalu Gagal di AFF?

Jumat, 16 November 2012 18:30 WITA
JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM-- Sejak Piala AFF digelar 1996, Indonesia belum sekalipun tampil sebagai juara. Padahal, skuad "Garuda" telah empat kali lolos ke babak final pada turnamen dua tahunan tersebut.

Menurut pemain timnas era 1990-an, Yeyen Tumena, Indonesia gagal karena mengabaikan hal-hal kecil, seperti kurangnya laga uji coba. "Ada fase pelatih meminta laga uji coba melawan tim yang berat dan ringan. Terkadang, hal itu dilupakan. Belum lagi masalah akomodasi dan lain-lain," kata Yeyen dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jumat (16/11/2012).

Indonesia pernah mengikuti Piala AFF sejak turnamen ini masih bernama Piala Tiger. Dua tahun lalu, Indonesia tampil luar biasa di fase grup, tetapi akhirnya harus mengakui ketangguhan Malaysia di partai final. Yeyen tak memungkiri bahwa faktor keberuntungan memiliki andil penting bagi sebuah tim dalam kejuaraan.

"Lihat saja waktu di final 2010. Kita kalah 3-0 di Malaysia dan menang 2-1 di sini (Jakarta). Mungkin kita tidak beruntung. Kita terlalu fokus menang pada babak kedua di Malaysia. Jika saat itu menahan draw dan menang di kandang, kita bisa juara," kata mantan pemain PSM Makassar dan Persija itu.

Yeyen berharap Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya bisa menjuarai Piala AFF 2012. Dia yakin, Indonesia memiliki peluang yang sama dengan tim-tim lain.

"Kita tahu persiapan tim ini tidak terlalu mumpuni. Tapi sepak bola bukan matematika. Mudah-mudahan kita lolos ke semifinal dan menjuarai Piala AFF sebagai harapan masyarakat," ujarnya.

Di turnamen ini, Indonesia berada di Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos. Irfan Bachdim dan kawan-kawan akan melakoni laga perdana melawan Laos pada 25 November 2012.

Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas