A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

2013 Harga Rumah Baru di Makassar Naik Hingga Rp 30 Juta - Tribun Timur
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Timur

2013 Harga Rumah Baru di Makassar Naik Hingga Rp 30 Juta

Jumat, 9 November 2012 20:49 WITA
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Anda berencana membeli rumah? Sebaiknya lakukan tahun ini. Sebab, harga rumah tahun 2013 mendatang, dipastikan naik 15-20 persen dari tahun ini.
 
Kenaikan harga rumah berkisar Rp 10 juta-Rp 30 juta per unit tergantung tipe dan lokasi rumah. Saat ini, harga rumah tipe 36 non-subsidi di Kota Makassar bervariasi mulai Rp 150 juta-Rp 250 juta.
   
Dengan asumsi kenaikan tersebut, harga rumah tipe yang sama tahun depan bakal meroket hingga Rp 170 juta-Rp 270 juta. Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sulsel, Raymond Arfandy, mengatakan, kenaikan harga rumah tersebut dipengaruhi beberapa faktor.

Faktor tersebut seperti pergerakan inflasi, kenaikan harga bahan bangunan, dan tentunya kenaikan harga tanah setiap tahunnya. Kenaikan upah minimum provinsi (UMP), juga menjadi salah satu komponen yang turut  mempengaruhi kenaikan itu.

Raymond menjelaskan, kondisi infrastruktur juga sangat mempengaruhi pergerakan harga rumah di daerah ini.  Menurutnya, infrastruktur khususnya jalan tidak seimbang lagi dengan kemajuan ekonomi masyarakat. Kondisi itu bisa berdampak pada harga properti yang semakin membengkak.

“Tanpa ada dukungan infrastruktur memadai maka harga akan terus naik karena biaya produksi juga meroket. Seharusnya ini bisa dipikirkan dengan matang. Bagaimana memperbaiki infrastruktur sehingga bisa menunjang sektor industri khususnya properti yang akan berdampak pada stabilitas harga perumahan," ujarnya, Jumat (9/11/12).

Seharusnya, lanjut dia, pemerintah membuat jalan baru yang dapat membuka akses ke daerah pinggiran kota Makassar sehingga pertumbuhan properti juga merata dan tidak hanya menumpuk dalam kota. Tidak adanya penambahan infrastruktur akan berdampak pada sektor properti yang bergeliat di tengah kota saja sehingga harganya terus naik.

"Contohnya sekitar Jl Tol Makassar masih ada ribuan hektare yang kosong di sana. Seharusnya ada akses yang dibuka ke lokasi tersebut  seperti di Salodong lahan luas bisa dimanfaatkan dengan baik membangun perumahan jika ada akses. Hal itu bisa membuat wilayah itu semakin maju. Bahkan, akan tercipta kota baru," jelasnya.

Penulis: Hajrah
Editor: Imam Wahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
145651 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas