Taliban Serang Kamp Nato karena Film

Pasukan Marinir telah diterjunkan ke Libya pada Rabu lalu, dan juga ke Yaman.

Taliban mengatakan kepada BBC, mereka melakukan serangan terhadap kamp Bastion NATO di Afganistan sebagai balasan atas film yang menghina Islam. Setidaknya dua orang marinir AS tewas ketika militan menyerang batas basis pertahanan di Helmand.

Juru bicara Taliban Qari Yousef Ahmadi mengatakan kepada BBC bahwa sasaran mereka adalah tentara AS dan Inggris dan10 orang pemberontak.

Pejabat NATO mengatakan pemberontak yang menyerang kamp Bastion menggunakan senjata genggam, roket dan mortir.

Kamp Bastion memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan merupakan bandara tersbiuk di dunia karena besarnya jumlah helikopter dan pesawat yang terbang dan mendarat di daerah tersebut.

Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris tengah ditempatkan di sana, dalam penugasan yang kedua di Afganistan.

NATO mengatakan kepada Reuters, bahwa Pangeran Harry berada dalam kamp ketika serangan terjadi, tetapi tidak berada dalam bahaya.

Serangan yang terjadi di Afganistan itu dikhawatirkan akan meningkatkan kekerasan di negara itu setelah penarikan pasukan asing pada 2014 mendatang.

Protes menyebar

Protes yang berujung kekerasan menentang barat terjadi di sejumlah negara Muslim, menyusul kemarahan yang terjadi akibat film yang dianggap menghina Islam.

Protes terhadap fillm "Innocence of Muslims" - mulai terjadi di Mesir pada Selasa lalu. Kemudian, Jumat lalu setidaknya tujuh orang tewas dalam kerusuhan di Khartoum, Tunis dan Kairo.

Film yang diproduksi di AS, menampilkan Nabi Muhammad sebagai pemimpin kelompok yang haus darah, diedarkan melalui situs YouTube.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ina Maharani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help