Rabu, 8 Juli 2015

Bangun Peradaban Qurani Mulai Dari Majelis Taklim

Jumat, 17 Agustus 2012 21:34

Alquran merupakan kalamullah dan membacanya merupakan ibadah. Bagi seorang Muslim, membaca Alquran saja berpahala bahkan pahala itu diberikan atas setiap huruf AlQuran yang dibaca. Akan tetapi, yang dituntut oleh Islam selanjutnya adalah penerapan atas apa yang dibaca.

Sebab, Aluran bukan sekadar bacaan dan kumpulan pengetahuan semata, tetapi petunjuk hidup bagi manusia. Alquran tidak hanya sekadar dibaca dan dihapalkan saja, melainkan juga harus dipahami dan diamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita berharap pada generasi muda bahwa Alquran tidak hanya diyakini sebagai pedoman hidup tetapi juga tercermin pada perilaku keseharian," ujar Majdah di kampus UIM, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, beberapa waktu lalu.

Untuk membangun generasi dengan peradaban Qurani, Doktor Ilmu Pertanian PPs Unhas ini rajin melakukan dakwah ke bebrapa daerah di Sulawesi Selatan. Ia sering mendapatkan undangan untuk melakukan dakwah di kelompok majelelis taklim di hampir semua kabupaten di Sulsel. Dakwah yang dilakukannya dimulai dari kelompok ibu majelis taklim hingga beberapa tahun terakhir ia juga diundang untuk membawakan ceramah bagi jamaah salat tarwih di Masjid Raya Makassar.

Menurutnya, Alquran tidak hanya disakralkan (disimpan) di lemari tapi menjadi sumber informasi dan juga menjadi sumber inspirasi, sera Alquran tidak hanya dilombakan tetapi jadi motivasi hidup. "Alquran bukan haya sekadar dibaca namun juga tercermin dalam kehidupan kesahari-harian masyarakat," kata Ketua Forum Kajian Cinta Alquran (FKCA) ini. (ana)

Mulai Dari Majelis Taklim

Menurutnya, untuk mencapai peradaban Qurani ini maka perlu pemahaman umat tentang pentingnya Alquran dalam kehiduapan sehari-hari. Majdah memulai dakwahnya dari kelompok-kelompok majelis taklim yang anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga. Diharapkan, ibu-ibu anggota majelis taklim dapat menerapkannya.

Halaman123
Penulis: Suryana Anas
Editor: Imam Wahyudi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas