Sabtu, 22 November 2014
Tribun Timur

Tiga Calon Bupati Polman Ikuti Bukber KKMSB

Rabu, 8 Agustus 2012 14:11 WITA

Tiga Calon Bupati Polman Ikuti Bukber KKMSB
ist
Salman Dianda Anwar, sekjen BPP - KKMSB

Laporan: Salman Dianda Anwar, sekjen BPP - KKMSB melaporkan dari Jakarta

TRIBUN-TIMUR.COM -- Kerukunan Keluarga Besar Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) bekerjasama 4 Senator, DPD RI wakil Sulawesi Sulawesi Barat, Mulyana Isham, Iskandar Muda Lopa, Asri Anas dan KH.Sibly Sahabuddin serta di dukung penuh Pemerintah Kabupaten Majene kembali menggelar buka bersama. Kali ini bukber yang kedua di Bulan Ramadan 1433 tersebut diadakan di Kantor Perwakilan Majene yang berada di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat, Minggu (7/8).

Menariknya bukber tersebut disamping di hadiri tokoh-tokoh diluar warga sulbar perantauan seperti, Laksamana Madya (Purn) Mulyono Wibisono, Batara R.Hutagalung, Ketua Komite Utang Kehormatan Belanda (KUKB ), Emilia Dasril (Putri korban pembantaian Belanda di Sumatera Barat) tetapi juga  hadiri tokoh yang disebut-sebut akan maju di Pemilukada Polewali Mandar 2013. Di antaranya Iskandar Muda B Lopa (Anggota DPD RI), Machmud Nur (staf pengajar Univ Trisakti Jakarta) dan Suhardi Kamaluddin (pengusaha).

Satu calon yakni Asri Anas yang juga merupakan anggota DPD RI berhalangan hadir karena tugas sebagai senator Sulbar.

Meski dihadiri oleh para bakal calon bupati, namun KKMSB tetap berpegang tidak ikut dalam politik praktis.

"Kami secara organisasi tidak berpolitik itu diatur tegas dalam AD/ART dan menjadi arahan Ketua Umum Bapak Jeenderal Salim Mengga, tapi kami juga tidak mengekang bila ada anggota KKMSB yang bergerak secara individu masuk berpolitik praktis, karena itu hak sebagai warga negara dan di jamin konstitusi" demikian kami sampaikan kepada media yang hadir ketika meminta komentar kami atas hal itu selaku pengurus BPP - KKMSB.

Dalam kesempatan Bukber ini juga sempat tejadi diskusi diantara para warga yang hadir dengan para calon yang hadir agar KKMSB sebagai wadah warga Sulawesi Barat di perantauan mengambil peran strategis untuk ikut memperkuat nilai-nilai demokrasi di daerah Sulbar melalui kegiatan-kegiatan bersifat mencerahkan rakyat termasuk dalam pemilihan pimpinan daerah.

Maka muncul saran untuk membuat diskusi publik khususnya di Polman yang akan melakukan Pemilukada  dalam waktu dekat yang mengkaji; "polman dulu, kini dan esok" dan kriteria calon yang pantas memimpin, hal ini akan di koordinasikan pelaksanaannya dengan Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat ( BPW - KKMSB )Sulawesi Selatan yang berkedudukan di Makassar karena secara teknis lebih dekat dari Polman.

Selanjutnya, bukber KKMSB akan digelar di kediaman mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adyaksa Dault Minggu, 12 Agustus 2012. Selain berbuka bersama, KKMSB juga akan memutar film dokumenter tentang perahu Sandeq Mandar yang telah mendapat pengakuan dunia itu.

Rencananya ada 200 orang termasuk tokoh Mandar/Sulbar di perantauan yang akan menghadiri acara tersebut. Kami akan memutar bagaiman Sandeq dibuat dan prosesinya, juga event rutin tahunan Sandeq Race akan kami tampilkan cuplikannya yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir ini hingga berlayar di Lautan Atlantik di benua Eropa sana.

Baru-baru ini Sandeq menjadi tamu kehormatan di festival perahu tradisional terbesar dunia, Brest Festival Perancis. Festival yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali itu dihadiri perahu-perahu tradisional terpilih.

Film dokumenter tersebut rencananya juga akan dihadiri oleh Horts Liebner, peneliti maritim Indonesia asal Jerman yang juga mengajar di Leeds University.

Karena bukber KKMSB di kediaman Adhyaksa adalah pamungkas maka kami juga akan menyuguhkan yang istimewa. Kami berharap, Sandeq mendapat tempat khusus di tanah air, seperti halnya di Prancis. (**)
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ina Maharani

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas