• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Timur

Ini Konsep Mudik Ramah Anak

Selasa, 7 Agustus 2012 16:28 WITA
Ini Konsep Mudik Ramah Anak
Tribunnews.com
ilustrasi mudik satu keluarga naik motor
JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM--Satuan Tugas Perlidungan Anak (Satgas PA) yang terdiri dari Kemensos, KPAI, SOS CV, MPS PP Muhammadiyah, DCM, KADO, GNI dan LSM anak lainnya mengkampanyekan mudik ramah anak.

Kampanye ini dilakukan karena keprihatin tentang situasi dan kondisi anak selama mudik lebaran. Data NTMC Mabes Polri tahun 2011, lebaran 2011: 2770 kecelakaan yang meliputi 449 tewas, 760 korban luka berat, 1914 luka ringan. Pemudik sepeda motor 2011 yang kecelakaan 3418, meningkat 40 persen dibanding 2010: 2446 sepeda motor.

Menurut Koordinator Satgas PA, M. Ihsan, mudik merupakan tradisi yang sangat baik untuk menjalin silaturahim dalam keluarga dan masyarakat. Mudik ini juga memberikan dampak ekonomi yang sangat dahsyat terhadap daerah. Perubahan dan modernisasi terjadi dalam segala hal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Keselamatan, keamanan dan kenyamanan anak selama perjalanan harus menjadi prioritas orang tua, masyarakat dan petugas. Khususnya bagi pengendara sepeda motor agar tidak membawa anak lebih dari satu, berhenti secara teratur, jika mengantuk dan capek  agar istirahat jangan memaksakan diri," terang Ihsan dalam keterangan persnya, Selasa (7/8/2012).

Masyarakat di sepanjang perjalanan mudik diharapkan partisipasinya untuk menyediakan posko mudik ramah anak dengan menyediakan minuman, tempat istirahat, pemeriksaan kesehatan dan hiburan untuk anak yang mampir.

"Pemudik yang menggunakan angkutan umum seperti bis, kereta, kapal laut dan pesawat udara agar selalu memperhatikan anak dan menjaga dari bahaya yang selalu ada disekitar anak," himbau Ihsan.

Satgas PA juga menghimbau pemerintah untuk memberikan fasilitas, pendampingan dan dukungan pada anak dan keluarga selama mudik lebaran.

"Semoga tahun ini bisa menurunkan angka kecelakaan selama mudik lebaran," tandas Ihsan.

Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribunnews.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
97616 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas